Masih Muda Rambut Sudah Memutih Gejala Penyakit Apa

0
M MauTips.com, Jakarta. Saat ini rambut putih atau uban tidak saja pertanda usia yang sudah menua, namun juga bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan. Apalagi pada uban yang muncul di usia tergolong muda yakni dibawah 30-an atau 35 tahun. Aterosklerosis atau pengapuran pembuluh darah terjadi dengan mekanisme yang sama seperti terjadinya uban.

Yakni adanya gangguan DNA, stres oksidatif, inflamasi, perubahan hormonal dan penuaan sel fungsional. Kedua kejadian ini, aterosklerosis dan juga uban, umumnya terjadi seiring dengan adanya peningkatan usia. Pada studi dilihat bahwa pasien yang memiliki penyakit arteri koroner, ternyata juga punya statistik rambut putih yang tinggi jika dibanding orang tanpa masalah kesehatan tersebut. Namun peneliti juga mengakui bahwa butuh studi lebih mendalam untuk menegaskan adanya keterkaitan munculnya uban di usia muda dan penyakit aterosklerosis.

Secara alami, uban memang akan tumbuh seiring bertambahnya usia. Tetapi, jika usia masih kepala tiga dan uban sudah mulai tumbuh uban bisa jadi ada masalah dalam asupan nutrisi. Selain itu, kondisi psikologis dan genetik juga berpengaruh pada tumbuhnya uban pada seseorang yang masih berusia muda.

Baca Juga: Cara Membuat Mata Lelah Terlihat Segar Dalam Waktu Singkat

Kurang gizi dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang dan uban pun muncul tanpa permisi. Makanan cukup protein sangat diperlukan tubuh untuk membentuk enzim tersebut dan menghambat tumbuhnya uban. Asap rokok dan polusi menambah radikal bebas dalam tubuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply