Masker Khusus Anak, 5 Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua

0
M MauTips.com, Jakarta. Memberikan pemahaman tentang penggunaan masker pada anak adalah hal penting yang perlu dilakukan orang tua. Anak-anak jelas berbeda dengan orang dewasa. Anak hadir dengan pemahaman apa adanya.

Pandemi Covid-19 membuat semua orang wajib mengenakan masker saat berkegiatan di luar rumah atau di ruang publik. Lantas, bagaimana dengan penggunaan masker untuk anak-anak? Sama seperti orang dewasa, menggunakan masker kain pada anak dapat membantu mencegah penularan. Masker nonmedis memang tidak memberikan perlindungan terbaik untuk Anda dan si buah hati. Namun, masker nonmedis akan berguna jika digunakan dengan benar. Salah satu pencegahan terbaik untuk anak adalah dengan membiarkan anak terus berada di dalam rumah. Anak juga tak perlu memakai masker saat di dalam rumah. Isolasi anggota keluarga yang sakit dan jauhkan dari anak. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui orang tua soal penggunaan masker pada anak-anak.

1. Belum ada pedoman resmi
Hingga saat ini, belum ada pedoman resmi yang mengatur penggunaan masker untuk anak-anak. Center for Disease and Prevention Control (CDC) Amerika Serikat hanya merekomendasikan penggunaan masker saat berada di area luar rumah.

2. Masker tak boleh digunakan untuk anak di bawah usia 2 tahun
CDC menyebutkan bahwa masker tak boleh digunakan oleh anak berusia kurang dari 2 tahun. Saluran udara pada bayi yang masih tergolong kecil membuat mereka akan mengalami kesulitan bernapas saat memakai masker. Selain itu, risiko mati lemas juga akan mengintai mereka. Orang tua dapat melindungi anak dengan mencoba menghentikan kebiasaan mereka untuk menyentuh wajah atau menjilati tangan.

3. Buat masker sendiri
Masker anak tak perlu jauh berbeda dengan orang dewasa. Dari segi bahan, katun adalah pilihan terbaik. Pertimbangkan juga untuk menggunakan kain sarung bantal atau kaus yang sudah tak dipakai. Untuk membuatnya lebih menarik, orang tua bisa menyesuaikan motif kain sesuai dengan yang disukai anak.

4. Biarkan anak berlatih membiasakan diri di rumah
Ahli kesehatan anak, Katherine Williamson mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan orang tua adalah memberikan pemahaman pada anak soal penggunaan masker.

Baca Juga: Tips Mencuci Buah dan Sayur Untuk Hindari Kontaminasi

5. Biarkan anak tahu kondisi sebenarnya
Orang tua tak bisa berpura-pura pada anak bahwa semua berada dalam keadaan baik-baik saja. Psikolog anak Kendra Reed mengatakan, orang tua harus berbicara terus terang mengenai kondisi yang tengah terjadi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply