Mengatasi Sakit Asma Kambuh, Coba Konsumsi Makanan Ini

0
M MauTips.com, Jakarta. Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua. Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan. Memperbaiki gaya hidup serta rajin berolahraga juga disarankan bagi penderita penyakit asma.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang disarankan untuk penderita asma.

Susu
Minuman ini mengandung kalsium dan magnesium dan juga vitamin D yang berfungsi untuk mengendurkan otot-otot bronkus di paru-paru. Dengan begitu maka saluran udara di organ pernapasan akan selalu terbuka.

Bawang putih
Konsumsi bawang putih memberi banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk paru-paru. Ia kaya kandungan tiosulfat, zat anti-inflamasi yang mencegah terjadinya peradangan. Sesak napas karena asma salah satunya disebabkan peradangan.

Wortel
Betakaroten pada wortel adalah bagian dari vitamin A yang juga membantu mencegah munculnya serangan asma.

Kunyit
Anda bisa konsumsi kunyit dengan diseduh air panas. Manfaatnya ada pada zat anti-inflamasi yang mencegah peradangan.

Baca Juga: Tips Alami Mengatasi Bau Kaki yang Membandel

Berbagai sayuran yang mengandung vitamin C
Buah dan sayur yang mengandung vitamin ini disarankan untuk dikonsumsi sesering mungkin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anak-anak terutama, sehingga sesak napas karena asma tak mengganggu aktifitasnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply