Mengenal Cacar Monyet yang Gemparkan Singapura, Berbahaya Nggak Sih?

0
M MauTips.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu warga Singapura digemparkan soal virus monkeypox atau cacar monyet yang ditemukan untuk pertama kalinya pada seorang warga Nigeria. Disebutkan 23 orang sempat melakukan kontak fisik dengan pria tersebut.

Sebelumnya, penularan infeksi virus cacar monyet pada manusia pernah dilaporkan pada Amerika Serikat, Inggris, dan Israel. Meskipun risiko penyebaran rendah, tetapi tetap dilakukan tindakan untuk mencegah penyebaran. Ahli kesehatan kulit mengatakan bahwa monkeypox atau smallpox merupakan virus yang sebenarnya dianggap sudah tidak ada. Tapi, apakah penyakit ini berbahaya dan menyebabkan kematian? Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengidentifikasi kasus cacar monyet pertama di negara tersebut pada Selasa 8 Mei 2019. Pasien asal Nigeria tersebut kini dalam masa karantina di National Centre for Infectious Diseases (NCID)MOH (Ministry of Health).

Pasien berusia 38 tahun tersebut kini dalam kondisi stabil dan terus diawasi hingga 21 hari mendatang. Sebelum datang di Singapura, pasien disebutkan hadir dalam acara pernikahan keluarganya di Nigeria. Pasien tinggal di Hotel 81 Orchid yang berada di alamat 21 Lorong 8 Geylang.

Saat di acara keluarga, pasien makan daging hewan liar yang mungkin mengandung virus cacar monyet. Cacar monyet bersifat endemik di Afrika Barat dan Tengah. Kasus biasanya ditemukan di desa dekat hutan hujan tropis yang memungkinkan kontak dengan hewan. Selain monyet, virus juga bisa dibawa tupai dan berbagai hewan dari keluarga tikus.

Virus menular melalui kontak dari hewan ke manusia, sedangkan infeksi dari manusia ke manusia saat ini belum ditemukan kasusnya. Gejala cacar monyet biasanya berlangsung 14-21 hari meliputi demam, pusing, bengkak di kelenjar getah bening, sakit punggung, otot, dan tidak berenergi. Selanjutnya muncul bintik merah di wajah yang menyebar ke seluruh badan.

Baca Juga: Tips Paling Mudah Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Luka berasal dari bintik berisi air yang pecah dan meninggalkan bekas dengan permukaan datar. Penyakit cacar monyet biasanya berlangsung selama 2-4 minggu, dimulai dari demam dan sakit kepala lalu berlanjut ke benjolan kecil yang menyebar ke seluruh tubuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply