Mengenal Hypoxia Penyebab Kematian Choirul Huda

0
M MauTips.com, Jakarta. Kiper sekaligus kapten Persela Lamongan ini kehilangan nyawa usai bertabrakan dengan rekannya, Ramon Rodrigues, di tengah pertandingan melawan Semen Padang dalam lanjutan kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 pada Minggu tanggal 15 Oktober 2017. Tim Dokter dari RSUD dr. Soegiri Lamongan, Jawa Timur memaparkan penyebab kematian Choirul Huda.

Choirul Huda mengalami trauma benturan dengan sesama pemain, sehingga terjadi apa yang disebut henti nafas dan henti jantung. Meninggalnya kiper Persela Lamongan, Choirul Huda akibat benturan keras disebut oleh pihak medis karena mengalami hypoxia atau dikenal juga sebagai kekurangan oksigen. Berhentinya organ pernapasan dan jantung membuat tubuh dan organ pentingnya tidak memperoleh oksigen atau hypoxia.

Dalam penjelasan lebih lanjut, kondisi kekurangan oksigen sebenarnya bisa terjadi pada siapapun. Saat melakukan aktifitas sehari-hari pun, misalnya tidur dan hidung tertutup bantal, seseorang bisa mengalaminya. Apa yang harus dilakukan jika ada seseorang yang mengalami kondisi hypoxia, dan pertolongan pertama apa yang harus dilakukan?

Jika kekurangan oksigen terjadi karena jalan napas tersumbat maka yang dilakukan adalah adalah Resusitasi Jantung Paru (RJP).

Tahapannya sering dalam istilah medis disebut A-B-C.

A: Airway control, adalah penguasaan jalan napas. Jika lebih empat menit maka akan ada organ penting yang rusak akibat kekurangan oksigen. Caranya coba komunikasi dengan korban, tanyakan nama, dan apa yang ia rasakan. Ini untuk mengecek kesadarannya dan jalan napasnya.

Baca Juga: Tips Tepat Tangani Cedera Pelajaran dari Meninggalnya Choirul Huda

B: Breathing Support (Bantuan Pernapasan), yang biasanya dilakukan dari mulut ke mulut.

C: Circulatory Support (Bantuan Sirkulasi), anda harus memijat bagian dada atau luar jantung untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan oksigen.

Langkah pertolongan pertama itu dapat menyelamatkan nyawa penderita hypoxia, namun setelahnya harus segera dibawa ke rumah sakit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply