Mengenal Sirosis, Perjalanan Panjang Sakit Hati yang Mematikan Seperti Diidap Yockie Suryo Prayogo

0
M MauTips.com, Jakarta. Penyakit sirosis tidak muncul tiba-tiba. penyakit ini melalui waktu yang panjang ketika disadari biasanya sudah begitu parah dan mengancam kematian. Hati si penderita bisa benjol-benjol layaknya wajah berjerawat. Penyakit ini lebih dikenal dengan sirosis hati dan bisa membuat hati seseorang mengecil karena mengkerut. Sirosis hati biasanya menjadi perjalanan akhir dari hepatitis kronis.

Sirosis hati merupakan penyakit hati kronis yang ditandai dengan kerusakan sel-sel hati oleh jaringan-jaringan ikat, diikuti dengan parut serta sering diiringi pembentukan ratusan nodelus (benjolan). Musisi dan pencipta lagu Yockie Suryo Prayogo telah meninggal dunia di usia 64 tahun pada Senin 5 Februari 2018 pagi. Dalam beberapa bulan terakhir Yockie Suryo Prayogo diketahui sedang sakit keras mengalami berbagai komplikasi kesehatan. Salah satunya menurut sang istri, adalah sirosis hati. Pada bulan Oktober 2017 lalu Yockie jatuh kritis dan harus dirawat di RS Omni Alam Sutera karena muntah darah akibat gangguan hati.

Berikut fakta apa saja yang bisa menyebabkan sirosis.

Infeksi virus
Salah satu hal yang sering menyebabkan kejadian sirosis adalah infeksi oleh virus penyebab hepatitis. Setidaknya ada lima jenis virus hepatitis (A, B, C, D, dan E) yang bila dibiarkan dapat menyebabkan pengerasan pada hati.

Penyalahgunaan alkohol
Alkoholisme disebut sebagai penyebab terbanyak kedua dalam kasus sirosis hati. Menurut American Liver Foundation sekitar 10 sampai 20 persen peminum berat bisa mengalami sirosis akibat hati bekerja terlalu keras membersihkan darah.

Penumpukan lemak
Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) merupakan faktor risiko sirosis hati. Hal ini terjadi pada orang-orang dengan masalah berat badan atau obesitas, yang juga rentan mengalami perlemakan hati meski tidak mengonsumsi alkohol.
Ketika terjadi penumpukan lemak di sekitar hati maka inflamasi akan cenderung lebih mudah terjadi dan dalam jangka panjang bisa berakibat pada rusaknya sel.

Penyakit autoimun
Meski jarang terjadi kadang ada orang yang mengalami sirosis akibat penyakit autoimun. Dalam kasus ini sistem imun yang harusnya melindungi tubuh dengan menyerang bakteri, virus, atau senyawa berbahaya lain malah berbalik jadi merusak sel-sel hati.

Baca Juga: Gejala Keguguran yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

Schistosomiasis
Schistosomiasis atau oleh awam disebut demam keong adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit. Seseorang bisa terinfeksi bila terpapar langsung oleh air yang terkontaminasi apakah ketika berenang atau mencuci sesuatu.

Sekali masuk ke kulit, larva cacing akan menjadi cacing dewasa dan hidup di pembuluh darah terutama di kapiler darah dan vena kecil dekat selaput usus. Bila dibiarkan schistosomiasis dapat menyebabkan kerusakan hati termasuk sirosis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply