Meski Tidur Namun Indra Manusia Ini Masih Tetap Terjaga

0
M MauTips.com, Jakarta. Tidur untuk orang yang telah bekerja seharian bisa jadi momen yang sangat dinantikan beberapa orang. Tidur juga bukan hal yang sepele, karena tak jarang ternyata banyak orang yang sangat sulit mendapatkan tidur berkualitas.

Ada yang mengeluh selalu mimpi buruk, ada yang bilang selalu terbangun tiba-tiba. Saat tidur, walau terlihat sangat nyenyak dan panca indra juga ikut berhenti bekerja, namun ternyata ada satu indra kita yang tetap terjaga. Hal tersebut diungkap dalam sebuah penelitian di Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, Amerika. Indra yang tetap bekerja dan terjaga saat tubuh kita tidur adalah telinga atau indra pendengaran. Telinga tidak ikut beristirahat saat seseorang sedang tidur.

Dalam studi yang melibatkan anak-anak usia prasekolah, mereka diminta untuk tidur siang dalam suatu ruangan khusus dan tubuhnya terhubung dengan mesin EEG portabel.

Mesin ini akan memainkan tiga kata yang berbeda selama anak-anak tidur. Adrienne Roman, penulis dalam penelitian tersebut menceritakan bahwa setelah anak-anak bangun, mereka akan kembali diperdengarkan dengan mesin kata tersebut.

Ada pula tambahan kata yang tidak mereka dengar saat tidur. Ternyata otak anak menunjukkan tanda positif saat kata-kata yang didengar waktu mereka tidur diperdengarkan. Itu adalah respon bahwa mereka mengetahui atau mengenali kata tersebut.

Baca Juga: Inilah Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Menurut penelitian bertujuan untuk memahami bagaimana otak anak bekerja dan berkembang, dan apakah informasi yang diberikan saat tidur bisa mereka pahami. Selain itu, fakta bahwa telinga masih bekerja walau tubuh tertidur menjadi pembelajaran bagi orangtua dan kita untuk tetap berkata-kata baik walau anak sedang tidur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply