Minum Obat Sambil Makan Pisang Ternyata Bisa Berbahaya

0
F MauTips.com, Jakarta. Ada empat makanan yang dimakan dapat berpengaruh besar terhadap obat yang ikut dikonsumsi. Makanan yang memiliki efek buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu. Jika makan jeruk bali atau minum jus jeruk bali, buah ini berpengaruh terhadap beberapa obat. Termasuk statin (obat menurunkan kolesterol), beta blocker (mengobati penyakit jantung dan mengatur tekanan darah), obat penekan kekebalan tubuh, psikotropika, dan anestesi tertentu.

Kubis kaya dengan vitamin K untuk membantu pembekuan darah. Tetapi jika mengkonsumsi warfarin (obat yang mencegah pembekuan darah) pengencer darah karena mengalami serangan jantung, penyumbatan arteri, atau ketidakaturan detak jantung. Warfarin mencegah tubuh dari efek penggunaan vitamin K terhadap pembekuan darah. Keju, begitu banyak varietas keju yang tersebar. Produk susu ini dapat berpengaruh langsung terhadap beberapa jenis obat.

Tapi keju yang sudah berumur (tua), sebaiknya hindari dikonsumsi jika mengkonsumsi monoamine oxidase inhibitor (obat kelompok antidepresan). Pisang, buah ini kaya akan kalium untuk detak jantung dan gerakan neurotransmitter (otot saraf). Ion kalium berhubungan dengan saluran dan pori-pori pada membran sel yang memungkinkan hal-hal lain masuk dan keluar dari sel.

Baca Juga: Makan Apel Beserta Kulitnya Memberikan Efek Maksimal

Bagi orang dengan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi obat yang dikenal sebagai inhibitor ACE (angiotensin-converting enzim), yang menghalangi perubahan molekul aktif terhadap penyempitan pembuluh darah. Obat akan memberikan efek samping berupa penumpukan kalium. Makanan seperti pisang dan kubis keduanya tinggi kalium dapat membuat penumpukan kalium lebih buruk. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply