Minuman Ini Baiknya Dihindari Saat Sedang Diet, Tinggi Kalori!

0
M MauTips.com, Jakarta. Sensasi menyegarkan kala meminum minuman soda saat dingin, diakui mampu melepaskan dahaga, terutama ketika panas terik matahari menyengat. Minuman soda atau manis memang sangat disenangi oleh cukup banyak orang. Meski telah banyak anjuran guna mengurangi mengonsumsi minuman soda, nyatanya kebiasaan itu masih sulit ditinggalkan.

Namun, jika Anda salah satu pecinta minuman soda atau minuman manis lainnya, Anda harus mulai meninggalkannya dan beralih pada minuman sehat seperti air putih, susu, atau jus alami. Belum lama ini, sebuah studi di Swedia menunjukkan orang yang minum banyak soda atau minuman manis lainnya, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker empedu. Masih sedikit yang diketahui tentang penyebab tumor pada saluran dan kantong empedu.

Namun sebuah bukti yang muncul menunjukkan obesitas serta peningkatan kadar gula darah yang merupakan ciri khas dari diabetes, dapat meningkatkan risiko kanker ini. Beberapa jenis minuman perlu Anda hindari apabila sedang menjalani program diet atau sedang mengalami penyakit tertentu.

Alasannya adalah karena minuman tersebut mengandung kalori yang tinggi, walau rasanya lezat dan Anda menyukainya. Kalori tinggi dalam minuman soda atau minuman ringan bersumber dari gula yang ditambahkan dalam jumlah banyak, dan ini sudah tentu tak sehat.

Kalori dari minuman soda akan membuat Anda kenyang dalam waktu singkat. Namun tak lama, sebab 1-2 jam setelahnya Anda akan merasa lapar lagi dan makan atau minum lagi. Ini berarti asupan kalori dalam tubuh akan bertambah secara berlebihan tanpa Anda sadari atau merasa bersalah.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Risiko dari konsumsi gula berlebihan dalam satu waktu adalah munculnya penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, serta penyakit jantung. Ditambah lagi dengan gaya hidup malas berolahraga atau bergerak, maka risiko penyakit diatas akan lebih mudah terjadi. Risiko tersebut bahkan tidak lepas walau Anda mengonsumsi diet soda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply