Payudara Besar VS Payudara Kecil, Mana yang Lebih Berisiko Terkena Kanker?

0
P MauTips.com, Jakarta. Kanker payudara masih menjadi kanker dengan angka kematian paling tinggi pada wanita. Pada bulan Peduli Kanker Payudara yang diperingati di seluruh dunia setiap bulan Oktober, rasanya penting untuk lebih peduli lagi tentang payudara kita. Tidak perlu merasa malu untuk menjaga payudara kita.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker menghampiri, dan bisa jadikan gaya hidup sehari-hari yang lebih sehat. Mitos tentang penyebab kanker payudara masih bertebaran. Salah satunya bahwa ukuran payudara dapat mempengaruhi tingginya risiko kanker payudara. Dokter ahli bedah kanker payudara, mengatakan bahwa ukuran dari payudara wanita dapat mempengaruhi tingkat risiko kanker payudara. Jika payudara berukuran lebih besar, maka lebih tinggi risiko terserang penyakit tersebut.

Kalo payudaranya lebih besar, maka benjolan tersebut bisa nempel di mana saja. Karena banyak lemak dan daerahnya lebih luas, maka benjolan tersebut memiliki ruang untuk berkembang. Berbeda kalau payudaranya kecil. Berdasarkan penelitian memang sudah terbukti, ukuran payudara dapat menjadi salah satu risiko kanker payudara.

Wanita pada umumnya perlu lebih waspada karena menjadi seorang perempuan merupakan faktor risiko utama dari kanker payudara. Pasalnya, hormon estrogen dan progesteron yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker payudara ditemukan lebih banyak pada perempuan daripada laki-laki. Seseorang akan lebih berisiko terkena kanker payudara apabila memiliki anggota keluarga.

Sekitar 5% sampai 10% kasus kanker payudara seringnya berasal dari faktor genetik. Hal ini berkaitan dengan gen BRCA 1 dan BRCA2 – gen manusia yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan sel, yang telah mengalami mutasi kemudian diturunkan dari orang tua ke generasi selanjutnya.

Seorang perempuan yang memiliki gen BRCA1 atau BRCA2 yang telah mengalami mutasi, memiliki risiko yang meningkat sebanyak 80% untuk mengalami kanker payudara.

Baca Juga: Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Usia, studi telah menemukan jika seseorang akan lebih berisiko terkena kanker payudara seiring bertambahnya usia. Sekitar 77% wanita yang didiagnosis menderita penyakit ini setiap tahunnya berusia di atas 50 tahun, dan hampir 50% lainnya berusia 65 tahun atau bahkan lebih tua. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply