Penelitian: Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Otak dari pada Ganja?

0
P MauTips.com, Jakarta. Minuman beralkohol selama ini memang identik dengan minuman pria, tapi saat ini semakin banyak kaum wanita yang mulai keranjingan menenggak alkohol. Bagi wanita yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya berhati-hatilah. Menurut beberapa penelitian,alkohol ternyata lebih banyak memberikan efek negatif pada wanita dibandingkan pria.

Wanita lebih rentan mengalami masalah kesehatan serius seperti kerusakan otak, hati, penyakit jantung dan kanker. Selain itu wanita akan lebih mudah mabuk ketimbang pria saat meminum alkohol. Wanita juga memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari enzim metabolisme yang bantu kurangi kadar alkohol. Inilah yang membuat wanita lebih mudah mabuk. Selain itu, adanya fluktuasi hormon bulanan pada wanita juga mempengaruhi metabolisme dan kadar alkohol dalam darah meningkat lebih tinggi.

Sebuah penelitian tentang pengaruh alkohol dan ganja terhadap kesehatan otak, mengungkap bahwa alkohol lebih merusak ketimbang ganjaKedua hal itu memang merusak secara umum, namun alkohol skalanya lebih besar. Penelitian dari Universitas Colorado, Amerika dari Departemen Psikologi dan Ilmu Saraf itu memindai (scan) bagian otak untuk melihat efek dari alkohol dan ganja (kanabis).

Hasil temuan mereka menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jangka panjang akan mengubah struktur otak secara signifikan. Hasil studi tersebut telah dipublikasi di Journal of Addiction. Faktanya di beberapa negara, penggunaan ganja telah dilegalkan oleh pemerintah setempat.

Sama halnya dengan mengkonsumsi alkohol yang juga diperbolehkan dengan batasan usia minimal 18 tahun. Amerika sendiri melegalkan ganja untuk alasan pengguna sebagai pengobatan dan rekreasi. Bukan hal baru jika ganja diklaim dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Tahun 2017 misalnya, ganja ditemukan dapat mengatasi migrain.

Baca Juga: Ini Bau Keringat Pria yang Disukai Oleh Kaum Wanita

Tak hanya merusak otak, ganja juga diklaim menimbulkan risiko psikosis. Bahkan lebih buruk lagi, ilmuwan lain mengklaim ganja merusak kesehatan jantung lebih dari rokok. Jadi walau alkohol didapati merusak otak lebih dari ganja, namun ganja sendiri sudah terbukti sangat berbahaya bagi penggunanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply