Penyakit Psikologis Ini Sering Dialami Oleh Ibu Usai Melahirkan

0
P MauTips.com, Jakarta. Kepribadian (personality) seseorang sangat dipengaruhi dengan kejiwaannya. Terjadinya gangguan psikologi berdampak kepada kejiwaan sesorang. Kalau pernah mendengar istilah seseorang yang antisosial, maka hal tersebut diklasifikasikan sebagai bagian dari gangguan kepribadian. Perlu diketahui bahwa gangguan kepribadian berbeda dengan gangguan mental seperti Skizofrenia dan Bipolar.

Setelah melahirkan, beban seorang ibu sebenarnya bukan berkurang melainkan bertambah. Peristiwa besar dan berat saat kehamilan dan bersalin membuat kondisi mental dan kejiwaan ibu sering mengalami gangguan pula. Memang bobot gangguan mental itu berbeda-beda, mulai yang sifatnya ringan sampai berat. Menurut psikolog, yang telah dikenal oleh masyarakat dan sifatnya ringan adalah baby blues syndrom. Gejala baby blues ditandai dengan emosi yang naik turun dengan drastis, mudah tersinggung, menangis terus, sedih, dan lainnya.

Kondisi ini dapat berlangsung sampai satu bulan lebih, atau yang paling cepat dua pekan sudah berlalu. Gangguan mental yang kedua disebut post partum depression, dan lebih berat tingkatannya dari baby blues. Ini yang paling parah dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Gejalanya adalah rasa bersalah, kecemasan berlebihan, insomnia, depresi, dan ada keinginan bunuh diri. Lalu gangguan mental ketiga yang bisa dialami ibu usai melahirkan adalah post partum psikosis.

Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Difteri, Pakai Masker dan Rajin Cuci Tangan!

Penderita gangguan mental ini angkanya sangat rendah, walau tingkatannya paling berbahaya. Penderita bisa secara tiba-tiba ingin menyakiti bayinya, bahkan sampai membunuh. Ia melakukannya karena mengalami halusinasi dan delusi mendengar bisikan yang memerintahkannya melakukan hal itu. Dukungan keluarga serta suami akan membantu ibu hamil hingga melahirkan untuk mengatasi dan melewati masa itu dengan baik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply