Penyebab Benjolan Kecil Muncul di Bawah Rahang Mulut Bisa Berbahaya

0
P Mautips.com, Jakarta. Benjolan di sekitar rahang leher dan dagu dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui pasti perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan menilai karakteristik benjolan seperti batasnya tegas atau tidak. Apakah benjolan makin lama makin membesar.

Mudah digerakkan dari dasarnya atau tidak. Apakah disertai dengan tanda-tanda radang (merah, sakit, panas). Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan penyebab terbanyak dari munculnya benjolan di sekitar leher. Jika tubuh mengalami infeksi seperti infeksi tenggorokan, pilek, campak, autoimun, dll maka KGB dapat mengalami pembesaran. Biasanya benjolan akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya ketika penyebab infeksinya sudah hilang.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan adalah konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan. Minum cukup air putih minimal 2 liter/hari dan istirahat cukup minimal 6-8 jam/hari. Kemungkinan yang terjadi adanya pembesaran kelenjar getah bening, biasanya disebabkan peradangan akibat infeksi.

Baca Juga: Tips Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Angin Duduk Yang Benar & Aman

Paling sering adalah infeksi tenggorokan dan infeksi gigi dengan ciri kelenjar membesar tiba-tiba disertai nyeri. Infeksi ini dapat disertai demam dan nyeri telan walaupun tidak selalu. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter umum terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya melalui pemeriksaan fisik atau cek darah. Pemeriksaan benjolan penting untuk membantu diagnosis dan menentukan langkah yang harus diambil berikutnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply