Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

0
P MauTips.com, Jakarta. Hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh sebenarnya adalah gejala dari sebuah penyakit. Kondisi tersebut umumnya disebabkan karena penyakit pilek, flu, alergi, iritasi, dan sinusitis. Namun terdapat beberapa kondisi lebih serius yang bisa melatarbelakangi hidung tersumbat. Menjaga kelembapan saluran hidung dan sinus menjadi salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika mengalami hidung tersumbat.

Untuk penanganan lainnya dapat melakukan langkah-langkah mudah untuk meredakan hidung tersumbat sebelah atau seluruhnya. Perbanyak minum cairan dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat. Cairan yang diminum berguna mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan tetap lembap. Tidak hanya air putih, bisa minum cairan dalam bentuk minuman hangat, teh, jahe panas, sup ayam, atau minuman buah. Menghirup uap hangat juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh.

Hiruplah perlahan dan hati-hati, agar hidung tidak melepuh. Bilas hidung dengan air garam, metode ini dipercaya dapat melegakan hidung tersumbat dan menghilangkan virus serta bakteri yang berada di dalam hidung. Buang cairan hidung atau ingus secara tepat dan teratur, yakni dengan menutup aliran udara dengan jari di salah satu lubang hidung ketika membuang ingus dengan lubang satunya.

Baca Juga: Cara Mudah Tips Diet Sehat Melalui Makanan Dan Olahraga

Mengkonsumsi obat-obatan medis seperti dekongestan, antihistamin, paracetamol, ibuprofen, dan naproxenjuga dapat membantu meredakan saluran hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh. Dapat mengonsumsi vitamin C dan zinc untuk mempercepat penyembuhan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian atau berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply