Penyebab Eksternal Munculnya Infertilitas pada Pria

0
P MauTips.com, Jakarta. Tanda utama infertilitas pria adalah ketidakmampuan untuk memiliki anak. Mungkin tidak ada tanda atau gejala lain yang jelas. Namun, dalam beberapa kasus, masalah mendasar seperti kelainan bawaan, ketidakseimbangan hormon, pelebaran pembuluh darah di sekitar testis atau kondisi yang menghalangi aliran sperma menyebabkan tanda dan gejala.

Meskipun sebagian besar pria dengan infertilitas pria tidak melihat gejala selain ketidakmampuan untuk memiliki anak. Ada tanda-tanda dan gejala yang terkait dengan infertilitas pria yang telah kami bahas. Dan sebelum menggunakan pengobatan infertilitas pria apapun, ada baiknya Anda mencegahnya dengan memperhatikan beberapa penyebabnya.
Image

Penyebab lingkungan
Paparan berlebih pada elemen lingkungan tertentu seperti panas, racun dan bahan kimia dapat mengurangi produksi sperma atau fungsi sperma. Penyebab spesifik meliputi:

● Bahan kimia industri. Paparan yang sangat lama terhadap benzen, toluena, xilena, pestisida, herbisida, pelarut organik, bahan cat dan timbal dapat berkontribusi terhadap jumlah sperma yang rendah.

● Paparan logam berat. Paparan dari timbal ataupun bahan logam berat lainnya juga dapat menyebabkan pria mengalami infertilitas.

● Radiasi atau sinar-X. Paparan radiasi dapat mengurangi produksi sperma, meskipun akhirnya akan kembali normal. Tetapi dengan radiasi dosis tinggi, produksi sperma dapat berkurang secara permanen.

● Duduk dalam waktu lama, mengenakan pakaian ketat atau bekerja di komputer laptop untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan suhu di skrotum Anda. Dan pada akhirnya sedikit mengurangi produksi sperma.
Kesehatan, gaya hidup, dan penyebab lainnya
Beberapa penyebab lain infertilitas pria termasuk:

● Penggunaan obat. Obat yang dipakai untuk merangsang kekuatan dan pertumbuhan otot dapat menyebabkan testis menyusut dan produksi sperma menurun. Penggunaan kokain atau ganja untuk sementara waktu dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma Anda.

● Penggunaan alkohol. Minum alkohol dapat menurunkan kadar testosteron, menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan produksi sperma. Penyakit hati yang disebabkan oleh minum berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesuburan.

● Merokok tembakau. Pria yang merokok mungkin memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada mereka yang tidak merokok. Perokok pasif juga dapat mempengaruhi kesuburan pria.

● Stres dan emosional. Stres dapat mengganggu hormon tertentu yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Stres emosional yang parah atau berkepanjangan, termasuk masalah dengan kesuburan, dapat mempengaruhi jumlah sperma Anda.

Baca Juga: Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Dan di Bocah Indonesia, Anda akan dibantu oleh para Ahli untuk mengatasi segala permasalahan Anda terkait dengan infertilitas pada pria. Karena tempat kami ini memiliki ahli-ahli profesional yang siap memberi solusi atas permasalahan kehamilan ini. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply