Penyebab Gejala Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya

0
P MauTips.com, Jakarta. Penyakit lupus atau biasa disebut juga dengan penyakit autoimun merupakan penyakit yang disebabkan karena kelebihan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang berlebihan tersebut menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Biasanya bagian tubuh yang diserang adalah kulit, sendi, sel darah, paru-paru, dan jantung.

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Namun pada penderita penyakit lupus, sistem kekebalan tubuh justru menyerang sistem organ yang ada di dalam tubuh. Karena ketidakseimbangan imunitas yang terjadi di dalam tubuh, maka penyakit lupus termasuk penyakit yang tidak menular namun berpotensi mematikan. Gejala penyakit lupus yang utama umumnya berupa ruam kulit di area pipi kanan dan kiri serta di batang hidung.

Gejala lainnya adalah rasa lelah yang ekstrem bahkan setelah cukup beristirahat. Gejala utama yang sering ditemukan adalah rasa nyeri yang muncul pada persendian tangan dan kaki. Penyebab penyakit lupus berkaitan dengan kondisi autoimun di mana tubuh tidak bisa membedakan antara bakteri jahat dan bakteri baik.

Seharusnya sistem kekebalan tubuh (imunitas) menghancurkan bakteri jahat (biasanya berupa virus atau kuman). Namun pada penderita penyakit lupus, sistem kekebalan tubuh tersebut malah menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Baca Juga: Inilah Reaksi Tubuh Pria Yang Mengalami Disfungsi Ereksi

Obat naproxen, ibuprofen, piroxicam atau yang lainnya, obat anti inflamasi ini dapat mengurangi nyeri pada sendi. Namun, untuk penggunaan obat ini sendiri harus mengikuti anjuran dari dokter. Karena obat anti inflamasi ini memiliki berbagai macam efek samping. Seperti mengakibatkan masalah lambung, ginjal, hati bahkan jantung. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply