Penyebab PMS Menstruasi Tidak Teratur Berlangsung Lama

0
P MauTips.com, Jakarta. Menstruasi tidak lancar yang dapat disebut menstruasi tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun.

Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih lama. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar. Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang.

Namun jika menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama mengalami menstruasi, maka masalah menstruasi tersebut bisa tergolong ke dalam beberapa tipe menstruasi tidak teratur. Seperti metrorrhagia, oligomenorrhea, menometrorrhagia, dan amenorrhea.

Baca Juga: Nama Obat Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat PMS Menstruasi Dengan Bahan Alami

Selain disebabkan oleh pubertas, menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur juga bisa terjadi pada saat menjelang masa menopause. Jika menstruasi terhenti atau terlambat, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply