Perbedaan Pegal Akibat Lelah Otot dan Penyakit

0
P MauTips.com, Jakarta. Penyebab dari kelelahan otot atau kram yaitu melakukan pekerjaan berat tanpa disertai pemanasan terlebih dahulu. Oleh karena itu, bilamana akan melakukan suatu pekerjaan diluar aktivitas yang biasa dilakukan sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena serabut otot yang kurang terlatih (otot yang jarang melakukan pekerjaan berat) dapat terkejut.

Dengan peningkatan aktivitas yang tiba-tiba sehingga tubuh akan merasa cepat lelah atau bahkan mengalami kelelahan otot (kram). Namun, jika masih saja sering mengalami kelelahan otot, itu tandanya tubuh Anda kekurangan zat mineral, seperti potassium, magnesium dan kalsium. Merasa pegal setelah bekerja atau berolahraga adalah hal wajar. Namun ada kalanya perlu diwaspadai jika rasa tidak nyaman itu cenderung sulit sembuh dalam jangka waktu lama.

Bisa jadi munculnya pegal menjadi pertanda dari adanya penyakit yang menyerang tulang, sendi, maupun otot. Oleh sebab itu perlu berkonsultasi ke dokter apabila ditemukan hal demikian. Jika sering pegal, sebaiknya perlu memahami antara pegal yang wajar karena kelelahan otot dengan pegal akibat penyakit. Pada pegal biasa, umumnya akan reda setelah ditubuh beristirahat secara cukup, melakukan peregangan, atau dilakukan pemijatan.

Baca Juga: Inilah Sebab Yang Bikin Wanita Tampak Rumit Bagi Pria

Cara-cara tersebut akan menghilangkan pegal sekaligus membuat badan lebih segar. Namun lain halnya kalau pegal tersebut tidak berkurang usai dilakukan dengan terapi istirahat, pihat, maupun peregangan. Jika kondisi seperti ini dialami, bisa jadi pemicunya lain. Pegal akibat penyakit tulang justru makin terasa tidak nyaman sewaktu dilakukan terapi dengan ketiga hal tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply