Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang dengan Pola Hidup Paling Sehat

0
Dibandingkan dengan Negara lain, Jepang dikenal sebagai negara yang terkenal dengan disiplin dan pola hidup paling sehat. Beberapa penelitian kesehatan, penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas di Jepang hanya 3,5% dari total penduduk. Ada alasan yang membuat orang Jepang terlihat awet muda, sehat dan panjang umur.

Pencuci mulut yang sehat dengan membatasi yang manis. Orang Jepang memilih pencuci mulut yang tepat, mereka lebih memilih buah-buahan atau teh hijau (ocha) sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas. Konsumsi rumput laut, serat pangan dari laut ini banyak di konsumsi di Jepang.

Rumput laut adalah salah satu makanan yang memiliki zat antioksidan yang tinggi di dalamnya sehingga mampu menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Tidak menunggu kenyang, orang Jepang mempunyai prinsip Hara Hachi Bu.

Yang artinya makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Selalu konsumsi ikan, orang Jepang makan ikan 100 gram sehari. Dalam ikan sangat tinggi kandungan asam lemak omega 3, yang merupakan lemak sehat untuk kesehatan otak dan jantung.

Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang dengan Pola Hidup Paling Sehat

Tinggalkan kendaraan dan selalu berjalan kaki, inilah salah satu kebiasaan orang Jepang yang masih ada sampai saat ini. Mereka lebih menyukai berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi. Orang Jepang berjalan kaki setiap pergi kemana saja, entah itu ke sekolah, kantor ataupun hanya sekedar ke taman. Pola hidup seimbang dan cinta sayuran, orang Jepang terkenal dengan pekerja keras dan selalu menjaga kesehatan. Tapi mereka selalu menerapkan pola hidup yang seimbang untuk selalu hidup sehat. Mereka mengimbanginya dengan banyak mengkonsumsi sayuran.

Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang dengan Pola Hidup Paling Sehat

Hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisiplan sayuran di dalamnya. Mereka juga selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat, tidak membuang-buang waktu untuk sekedar bermain setelah seharian beraktivitas. Makan bakteri dan tofu, bakteri ada yang memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya yang paling mudah ditemui adalah bakteri yang terdapat di yogurt dan acar.

Baca Juga: Rajin Berolahraga Ibu Hamil Dapat Terhindar dari Operasi Caesar

Tofu juga baik untuk kesehatan karena mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk hormon dan terhindar dari penyakit osteoporosis saat wanita memasuki masa menopause. Maka dari itu, orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar dan tofu sebagai menu tambahan makan siang.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply