Resiko Efek Negatif Jemur Baju Basah Dalam Ruangan

0
R MauTips.com, Jakarta. Di saat musim hujan seperti saat ini banyak orang yang menjemur baju basah dalam ruangan. Kebiasaan tersebut akan membuat tingkat kelembaban naik sampai 30 persen dan menyenangkan bagi jamur untuk bertumbuh. Ini tentu bukan kondisi ideal yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Risiko kesehatan yang dapat terjadi pada penghuni rumah adalah orang jadi sulit bernapas, mengalami asma, sistem imunitas menurun, dan memicu munculnya masalah kulit.

Perhimpunan Asma Irlandia menyebutkan bahwa yang paling beresiko terkena dampak adalah bayi, anak, dan lansia. Lingkungan rumah yang berubah lembab adalah tempat jamur berkembang biak dengan pesat. Jamur akan melepaskan sporanya jika sudah matang, dan itu adalah pemicu alergi bagi penghuni rumah.

Spora memicu reaksi alergi. Jamur dan spora jamur sering kali kasat mata. Spora yang terhirup saat bernapas sebenarnya bisa dikeluarkan lewat mekanisme bersin dan batuk. Itu adalah cara sistem kekebalan tubuh untuk menjauhkan benda asing masuk ke paru. Jadi apabila Anda mulai batuk dan bersin maka itu bisa jadi tanda bahwa ada pemicu alergi di dalam rumah.

Baca Juga: Protein Dalam Serangga Ini Lebih Tinggi Daripada Ayam

Namun bila tubuh tidak sensitif dengan sumber alergi tersebut, tak akan bereaksi apa-apa. Biasanya yang mudah terdampak adalah penderita asma yang sensitif pada spora jamur. Rumah dan udara yang lembab bisa membuat penghuni rumah mudah sakit. Jika terpaksa bukalah ventilasi udara lebar-lebar agar udara mudah mengalir. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply