Ritual Pagi yang Bisa Merusak Energi Sepanjang Hari

0
Fakta menunjukkan bahwa sebagian dari kita ada yang selalu mengawali hari dengan keadaan perut kosong. Mereka mengira tidak punya cukup waktu untuk sarapan atau berpikir bahwa kebiasaan makan pagi hanya akan membuat badan gemuk. Kedua anggapan itu tidaklah benar adanya. Sarapan penuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Menunda sarapan membuat sulit memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan. Menu sarapan seperti sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak plus granula akan memberi cukup kalsium dan serat. Sarapan bisa menurunkan berat badan, ketika beraktivitas dengan perut kosong.

Tubuh akan membakar kalori dengan lambat untuk menyediakan kalori. Makan pagi setelah perut kosong semalaman akan meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien. Cara yang lebih baik adalah konsumsilah makanan berkarbohidrat kompleks seperti oatmeal datau roti gandum murni.

Ritual Pagi yang Bisa Merusak Energi Sepanjang Hari

Makanan dengan tinggi serat dan rendah gula akan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan dan membuat Anda tdak cepat lapar. Sarapan tingkatkan kemampuan otak, ketika bangun pagi sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup akan merasa lelah dan berkunang-kunang. Ada banyak hal yang berada di luar kendali kita, kemacetan parah di jalan, gangguan perjalanan kereta, atau si kecil rewel saat akan ditinggal bekerja. Semua itu bisa berpengaruh pada mood seharian. Namun ternyata ada kebiasaan kita dalam memulai hari yang tanpa disadari berpengaruh buruk pada kondisi emosi. Ternyata waktu minum kopi punya pengaruh tersendiri pada tubuh. Level energi kita meningkat secara alami saat kita bangun.

Ritual Pagi yang Bisa Merusak Energi Sepanjang Hari

Karena itu jika bangun tidur kita langsung minum kopi, akan terjadi lonjakan energi yang membuat kita lebih gelisah. Minumlah kopi satu jam setelah bangun tidur, waktu di mana level energi kita mulai turun. Dengan demikian kopi akan membuat lebih fokus dan berenergi hingga siang. Menu sarapan sebaiknya tetap terdiri dari protein, serat, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Sarapan tersebut akan membuat tetap fokus dan tidak berkeinginan untuk mengemil sebelum jam makan berikutnya.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Aromaterapi untuk Ibu Hamil

Bangun tidur langsung memeriksa gadget untuk melihat e-mail hanya akan membuat stres sepanjang hari. Daripada mencemaskan pekerjaan mulailah pagi dengan sesuatu yang menenangkan, seperti melakukan peregangan, minum teh, atau mengobrol dengan pasangan dan anak.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply