Rutin Minum Kopi Bikin Tulang Lebih Kuat

0
R MauTips.com, Jakarta. Kopi, selain bisa menghangatkan badan, juga bisa membuat fokus kala suasana mager di musim penghujan. Meski begitu patut diperhatikan, terlalu banyak minum kopi ternyata memiliki efek negatif bagi tubuh.

Minum kopi kini menjadi tren di kalangan anak muda, selain bisa mencegah rasa kantuk, kopi juga bisa meningkatkan mood sebelum melakukan beraktivitas. Tak heran konsumsi kopi di kalangan masyarakat urban pun terus meningkat, apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari merupakan kenikmatan yang akan menambah semangat. Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, untuk menghindari efek negatif ini tentunya beberapa cara bisa dilakukan di antaranya menghindari gula dan krim. Gunakan penyeduh berkualitas dan yang paling penting batasi asupan kopi per harinya.

Tubuh manusia dewasa dapat menerima asupan maksimal kafein sebanyak 400 miligram per hari. Itu setara dengan empat cangkir black coffee. Jadi jika Anda mengonsumsi secangkir kopi pagi, secangkir kopi siang dan disusul kopi sore adalah aman untuk tubuh Anda. Tapi tetap harus diingat bahwa ini tidaklah mutlak karena tergantung pada daya tahan tubuh, jenis kopi dan cara menyeduhnya serta material tambahan seperti susu ataupun gula, di mana lifestyle generasi masa kini melakukan ngopi pagi dan sore. Selama ini kita tahu manfaat kopi hanyalah sebagai pembangkit stamina dan kandungan kafeinnya menjaga agar tidak mengantuk.

Tetapi tahukah kalau kopi juga bermanfaat untuk menguatkan tulang. Sebuah riset terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Hong Kong mengatakan bahwa kopi juga memiliki manfaat untuk menguatkan tulang. Riset tersebut dilakukan dengan cara mengamati 564 orang dewasa China yang telah terdaftar dalam studi osteoporosis, kemudian membandingkan mineral tulang mereka.

Para responden dipisah antara yang rutin meminum kopi, dan mereka yang tidak. Hasilnya pun cukup mengejutkan, ternyata mereka yang meminum kopi secara teratur memiliki kepadatan mineral tulang yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Alasan Ngopi? Ilmuwan Ungkap Manfaatnya Bagi Otak

Meski penelitian ini relatif kecil keabsahannya karena hanya berdasarkan laporan orang-orang tentang konsumsi kopi mereka. Namun seorang ahli yang tidak terlibat dalam penelitian ini, yaitu Dr Chad Deal, dari Cleveland Clinic, meyakini bahwa hasilnya sudah cukup akurat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply