Sakit Mag Juga Bisa Kambuh Karena Stres Selain Pola Makan

0
S MauTips.com, Jakarta. Ternyata mag tidak selalu merupakan salah satu gejala utama penyakit asam lambung. Meski sekilas gejalanya memang terasa mirip, tapi gejala mag alias sakit lambung bisa jadi indikasi serangan jantung. Organ jantung dengan organ lambung adalah dua hal yang berbeda. Karena itu tidak pernah ada orang sakit mag atau asam lambung yang berlebihan menimbulkan sakit jantung bahkan menyebabkan kematian.

Faktor terjadinya sakit jantung antara lain adalah faktor usia tua di atas 45 tahun, wanita yang mendekati masa menopause, orang-orang dengan kolesterol tinggi, orang dengan hipertensi dan juga orang dengan diabetes. Apabila seseorang memiliki faktor risiko penyakit jantung kemudian mengeluh sakit mag bisa jadi bukan asam lambung meningkat, melainkan sakit jantung. Pasalnya, organ jantung berada di rongga dada, sementara lambung berada di rongga perut yang berhimpitan.

Sehingga ketika ada seseorang dengan faktor risiko jantung mengeluh sakit mag, sebaiknya pikirkan kemungkinan serangan jantung khususnya dinding bagian bawah jantung. Asam lambung yang berlebihan tentu menjadi masalah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya mag seringkali dianggap lantaran telat makan saja, padahal sebenarnya ada pemicu lainnya.

Baca Juga: Lupakan Mie Instan Mahasiswa Bisa Jalani Pola Makan Sehat Dengan Cara Ini

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, meningkatnya asam lambung bukan hanya dipicu oleh faktor telat makan atau pola makan yang tidak teratur tetapi juga dipicu oleh makan makanan yang mengandung asam berlebihan. Selain dipicu oleh faktor pola makan, faktor yang lebih kompleks lagi memacu produksi asam lambung adalah faktor stres. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply