Selain Dumolid Obat Ini Juga Tergolong Psikotropika

0
S MauTips.com, Jakarta. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan saat ini ada 24 jenis psikotropika baru yang beredar di Indonesia. Tetapi belum masuk daftar lampiran di Undang-undang No. 35/2009 tentang Narkotika. Selain dumolid, ada beberapa nama obat yang tergolong psikotropika dan dapat menimbulkan efek ketergantungan pada pengkonsumsinya sehingga harus diperoleh dengan resep dokter.

Beberapa waktu lalu, aktor Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia tertangkap pihak kepolisian karena terbukti menggunakan dumolid tanpa resep. Sebagai informasi agar tidak salah memakai obat jenis psikotropika sembarangan.

Berikut ini adalah beberapa nama obat yang masuk golongan tersebut. Penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan ketergantungan, depersonalisasi bahkan sakau.

Xanax
Obat penenang dan anti depresan ini mengandung zat bernama alprazolam. Usai minum obat tersebut maka biasanya akan muncul reaksi ngantuk dan tenang. Jika dosis berlebihan yang diminum, akan memicu pusing, kejang, alergi, atau perubahan mood dan turunnya daya ingat.

Calmlet
Ini adalah obat anti depresan juga, sering dikonsumsi oleh penderita gangguan jiwa dan panik berlebihan. Ada zat alprazolam di dalamnya dengan dosis besar. Tak heran jika untuk mendapatkannya butuh resep dokter.

Valium
Obat valium juga dikenal sebagai diazepam. Ia termasuk jenis obat benzodiazepin yang mempengaruhi sistem saraf otak serta menenangkan. Umumnya dipakai sebagai obat bagi penderita insomnia, serta depresi. Jika overdosis akibatnya bisa fatal dan memicu masalah organ dalam tubuh. Efek lain adalah bingung, halusinasi, sakau.

Baca Juga: Dengan Tes Psikologi Dapat Mengenali Jenis Gangguan Mental Yang Dirasakan

Lexotan
Ada zat aktif bernama bromazepam dari golongan benzodiazepin di dalamnya. Sama fungsinya yakni untuk menenangkan, menghilangkan panik, cemas berlebihan. Ada banyak resiko kesehatan yang ditimbulkan jika dipakai berlebihan dan tidak dengan anjuran dokter. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply