Sering Minum Jus Tomat Ringankan Gejala Menopause

0
Rata-rata menopause terjadi pada usia 52 tahun, tetapi ada pula wanita yang mengalami perimenopause, yakni masa transisi yang terjadi di awal usia 40 tahunan atau pertengahan 30 tahunan. Rutinitas dan kesibukan sehari-hari sering mengabaikan terhadap perubahan yang terjadi dalam 10 tahun terakhir pada tubuh. Namun jam biologis tubuh tidak bisa dihambat dan tanda menopause mulai datang.

Fase ini sangat dipengaruhi oleh perubahan hormon, utamanya hormon estrogen yang meningkat dan menurun secara tidak teratur. Mungkin tiba-tiba menstruasi terlambat dan ketika dicek bukan tanda kehamilan. Ini merupakan tanda paling sering yang dialami di masa perimenopause.

Ada beberapa gejala perimenopause yang terjadi pada tubuh wanita menjelang ketidaksuburan permanen. Menstruasi tidak teratur karena efek perubahan hormon mempengaruhi ovarium melepas sel telur dan ini bisa membuat menstruasi lebih lama atau lebih pendek.

Bahkan tidak terjadi sama sekali dalam beberapa bulan. Ini bisa jadi merupakan tanda gejala awal atau terlambat akan perimenopause. Kegerahan dan tiba-tiba merasa kepanasan dan berkeringat. Ini umum terjadi dalam perimenopause. Durasi dan intensitasnya dapat beragam sepanjang siang atau malam hari. Kondisi ini seringkali menjadi penyebab insomnia dan gangguan tidur pada wanita.

Sering Minum Jus Tomat Ringankan Gejala Menopause

Perubahan suasana hati walau sebenarnya orang yang penyabar, namun di masa pramenopause bukan tidak mungkin akan merasa mudah marah, emosi sesaat, atau cemas. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi seiring bertambahnya usia seorang wanita. Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh wanita di masa menopause biasanya menimbulkan gejala, seperti mudah tersinggung, cemas yang berlebihan, dan rasa panas hingga berkeringat pada malam hari. Gejala-gejala tersebut bukan hanya mengurangi kualitas hidup tapi juga bisa membuat seorang wanita mengalami stres.

Sering Minum Jus Tomat Ringankan Gejala Menopause

Sejumlah peneliti dari Tokyo Medical University mengungkapkan bahwa segelas jus tomat per hari dapat membantu meringankan gejala menopause tersebut. Penelitian menunjukkan, minum jus tomat 200ml dua kali sehari selama delapan minggu, secara signifikan dapat meringankan seluruh gejala menopause, termasuk masalah kolesterol dan rasa cemas. Penelitian sebelumnya menunjukkan, bahan kimia dalam jus tomat.

Baca Juga: Cara Lebih Sehat Sarapanlah dengan Buah

Seperti asam gamma-aminobutyric dapat bertindak seperti hormon estrogen. Seperti diketahui, saat menopause, hormon estrogen berkurang sehingga menimbulkan gelaja tersebut. Selain itu, minum jus tomat juga dapat membakar lebih banyak kalori dan kadar lemak dalam darah pun menurun saat beristirahat.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply