Studi Mengatakan Kecanduan Kopi Ternyata Memperpanjang Umur

0
S MauTips.com, Jakarta. Kopi sering dianggap sebagai penyebab masalah kesehatan yang serius, seperti kanker atau bahkan penyakit jantung. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi benar-benar menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari secangkir kopi. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa kopi hitam dapat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker dan penyakit Parkinson. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Cambridge, mencatat bahwa kopi dapat membantu melindungi tubuh dari kanker kolorektal.

Karena bisa mengurangi kolesterol, asam empedu dan mengeluarkan sterol netral ke dalam usus besar, meningkatkan motilitas kolon, dan memiliki sifat antioksidan. Penelitian yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa orang yang kecanduan kopi memiliki risiko kematian lebih rendah.

Penelitian ini melibatkan 185.855 peserta yang berusia 45-75 tahun dan berasal dari berbagai negara. Orang-orang ini diminta melaporkan konsumsi kopi mereka selama jangka waktu 19 tahun. Para peneliti itu mengamati pengaruhnya, hasilnya mereka yang lebih banyak mengonsumsi kopi terhindar dari risiko kematian dini.

Selain itu, penelitian di Eropa yang dipublikasikan dalam jurnal yang sama menyatakan orang yang kecanduan kopi memiliki 7-12 persen lebih rendah meninggal lebih cepat. Beberapa kandungan di dalam kopi seperti antioksidan berfungsi untuk menjaga kesehatan seperti penyakit jantung.

Baca Juga: Tips Sederhana Memandikan Bayi di Musim Hujan

Selain itu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam setiap harinya memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah berisiko penyakit hati apapun. Kopi juga membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply