Tanda-Tanda Gejala PMS Menstruasi Pada Wanita Gadis Puber ABG

0
T MauTips.com, Jakarta. Masa puber adalah masa perubahan. Bagi anak perempuan ciri yang khas selama proses pertumbuhan ini adalah ketika mereka mulai mengalami siklus menstruasi yang disebut menarke. Haid pertama bisa menjadi saat yang menyusahkan bagi anak perempuan sering kali dibarengi berbagai perasaan yang campur aduk.

Seperti banyak perubahan lain yang berkaitan dengan pubertas, haid pertama bisa jadi membingungkan. Banyak gadis merasa takut dan cemas mengenai haid pertamanya, umumnya karena salah informasi atau lebih seringnya kurang informasi. Anak perempuan yang siap biasanya tidak terlalu bingung sewaktu mendapat haid pertamanya.

Ada banyak sumber informasi tentang haid, misalnya dari guru sekolah, kalangan medis, bacaan, dan bahkan film pendidikan. Waktu terbaik untuk memberikan informasi adalah sebelum anak perempuan mendapat haid pertamanya. Jadi percakapan tentang perubahan tubuh dan menstruasi hendaknya diadakan sejak dini mungkin sewaktu anak perempuan berusia sekitar delapan tahun.

Baca Juga: Tips Cara Mengatasi Rasa Sakit Nyeri Saat PMS Menstruasi

Mungkin merasa bahwa ini terlalu dini, tetapi pada saat anak perempuan berusia antara delapan hingga sepuluh tahun mungkin sekali tubuhnya sudah mulai matang secara seksual akibat lonjakan hormon-hormon. Perlu mengamati beberapa perubahan fisik yang berkaitan dengan pubertas, misalnya membesarnya buah dada dan bertambahnya bulu di badan. Tinggi dan berat badan kebanyakan anak perempuan bertambah dengan cepat persis sebelum haid pertamanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply