Teknik Sederhana Atasi Otot Leher Lemah yang Menyebabkan Sakit Kepala

0
Sakit kepala termasuk salah satu keluhan yang sering dialami oleh semua orang. Saat merasakan sakit kepala yang tegang, ada baiknya mengecek kekuatan otot pada leher dan bahu. Sebab menurut riset terbaru, mereka dengan ketegangan sakit kepala rupanya memiliki otot leher dan bahu yang lebih lemah. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa kekuatan dan kelemahan otot dihubungkan dengan ketegangan sakit kepala.

Mereka dengan tension headache ini merasa seperti ada tali yang dililitkan secara kencang di kepala. Meski tidak terlalu nyeri seperti yang dirasakan pada sakit kepala kluster ataupun migrain yang cenderung menyerang satu sisi kepala. Cara mengatasi keluhan ini cukup sederhana.

Ada beberapa teknik yang bisa dicoba untuk mengusir sakit kepala. Stres adalah salah satu penyebab sakit kepala. Melemaskan otot yang tegang bisa membantu meringankan sakit kepala karena tegang, jenis sakit kepala paling umum.

Mereka yang menderita sakit kepala jenis ini mungkin merasa sangat sensitif terhadap suara dan cahaya. Istirahatlah di ruangan gelap. Pejamkan mata dan rilekkan punggung, leher dan bahu. Tusuk jarum membantu melepaskan pereda alami tubuh bernama endorfin untuk melegakan nyeri di leher, bahu dan kepala.

Teknik Sederhana Atasi Otot Leher Lemah yang Menyebabkan Sakit Kepala

Beberapa studi membuktikan sebagai terapi pencegahan, akupuntur bisa mengurangi serangan sakit kepala karena ketegangan. Kafein bisa melegakan gejala sakit kepala dengan membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik dan cepat. Kafein biasanya ditambahkan produsen obat dalam pereda nyeri untuk membuat obat bekerja lebih cepat menghilangkan sakit kepala. Latihan pernapasan dalam bisa mengurangi stres dan nyeri sakit kepala. Ambil beberapa napas dalam.

Teknik Sederhana Atasi Otot Leher Lemah yang Menyebabkan Sakit Kepala

Buang napas perlahan dan rilekkan daerah yang terasa kencang dan kram sambil membayangkan pemandangan indah dan damai. Turunkan dagu ke dada lalu angkat perlahan dan lembut. Putar kepala perlahan setengah lingkaran dari kiri ke kanan lalu dari kanan ke kiri. Ambil napas dalam lagi dan buang napas perlahan. Panas dan dingin bisa melegakan ketegangan dan nyeri otot yang menyertai sakit kepala.

Baca Juga: Beberapa Penyebab Meninggal Mendadak Setelah Olahraga

Mandi air hangat atau kompres handuk basah hangat atau botol air hangat bisa meredakan gejala ketegangan kepala. Bila lebih suka kompres dingin, bungkuslah es batu di dalam handuk dan kompres di bagian tubuh yang terasa sakit. Pijat bagus meredakan ketegangan di kepala, bahu, leher. Pemijatan bisa dilakukan oleh seorang terapis yang ahli.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply