Tempat Praktek Dokter Untuk Periksa Sakit Menstruasi atau Haid di Jakarta

0
T MauTips.com, Jakarta. Jika seorang wanita peka maka bisa menemukan ada saat-saat tertentu ketika menjadi lebih sensitif. Gampang tersinggung, mudah sedih hingga menangis, atau justru tidak bisa mengendalikan emosi dan marah-marah. Ketika hal ini terjadi dan biasanya rutin orang di sekitar segera mengetahui bahwa seorang wanita akan mengalami menstruasi.

Tetapi sebenarnya tidak hanya rangkaian emosi negatif yang dialami perempuan sepanjang siklus menstruasi. Pada beberapa fase siklus, bahkan kita bisa merasa sangat bahagia, bersemangat dan mampu berpikir lebih tajam. Fase folikular dimulai pada hari pertama kita menstruasi hingga 10 atau 14 hari setelahnya. Akibatnya pada periode Folikular dan Ovulasi ini emosi cenderung tenang dan bisa merasa bahagia. Terlihat lebih energik karena memiliki cukup semangat, dan dapat berpikir sangat intens.

Selama masa subur yang dialami seorang perempuan, sejenis hormon yang tinggi di dalam tubuh adalah LH (Luteinizing Hormone). Hormon ini memicu proses pelepasan sel telur. Pada masa ini, estradiol diproduksi cukup banyak oleh tubuh, dan merangsang insulin bekerja lebih efektif. Insulinyang tinggi menyebabkan peningkatan dorongan seksual pada seorang perempuan.

Baca Juga: Tips Cara Melancarkan Siklus Haid / Menstruasi Pada Wanita Secara Alami

Setelah masa ovulasi, folikel kosong yang semula berisi sel telur memroduksi hormon progesteron yang berfungsi membentuk lapisan dinding rahim dan menyiapkannya sebagai tempat pertumbuhanjanin. Seiring peningkatan kadar progesteron akan mulai mengalami gangguan suasana hati. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply