Terlalu Banyak Vitamin Bisa Memicu Penyakit Kanker

0
Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Di samping itu asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh. Selama ini masyarakat menganggap dengan mengkonsumsi banyak vitamin dalam bentuk suplemen dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, sebuah penelitian besar yang dilakukan oleh para ahli penyakit kanker dunia menunjukkan bahwa terlalu banyak vitamin dapat memicu perkembangan sel kanker.

Para ahli penyakit kanker dunia melakukan penelitian dengan mempelajari ribuan pasien yang selama 10 tahun mengkonsumsi vitamin berupa suplemen dan plasebo. Para ahli penyakit kanker dunia menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi vitamin tambahan mempunyai kecenderungan berisiko lebih tinggi terhadap kanker.

Terlalu Banyak Vitamin Bisa Memicu Penyakit Kanker

Tiga jenis vitamin yang paling berisiko untuk memicu kanker, yaitu suplemen vitamin E, beta-karoten dan asam folat. Dokter menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin tersebut tidak melebihi jumlah harian yang disarankan. Studi terbaru juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen dan vitamin buatan, justru menimbulkan bahaya daripada membawa manfaat kesehatan. Pil, suplemen, tablet vitamin E, beta-karoten dan asam folat disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan dalam sehari. Saat meneliti soal suplemen dan vitamin buatan yang diberikan kepada binatang percobaan, para ahli penyakit kanker dunia melihat hasil yang positif. Suplemen asam folat dikonsumsi oleh lebih dari 230.000 wanita hamil tiap tahun untuk mencegah cacat lahir. Namun sebenarnya asam folat itu justru memengaruhi kerja otak dan tulang belakang jika dikonsumsi berlebihan.

Terlalu Banyak Vitamin Bisa Memicu Penyakit Kanker

Asam folat yang terkandung dalam vitamin yang dipercaya mengurangi risiko penyakit jantung dan polip di usus, ternyata juga bisa memicu kanker. Jika dikonsumsi berlebihan justru meningkatkan jumlah polip yang membahayakan. Suplemen beta-karoten yang dikonsumsi lebih dari dosis yang direkomendasikan meningkatkan risiko terbentuknya kanker paru-paru dan penyakit jantung sebesar 20 persen.

Baca Juga: Tips Terbaik Menjawab Pertanyaan saat Wawancara Kerja

Sementara 35.000 orang di AS yang mengkonsumsi vitamin E terlalu banyak antara tahun 2001 hingga 2014 mengalami risiko terkena kanker prostat sebesar 17 persen. Secara umum orang diberi resep suplemen dan vitamin sesuai dengan dosis. Biasanya mereka juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply