Tips Agar Aroma Mulut Tidak Terlalu Menyengat Saat Puasa

0
T MauTips.com, Jakarta. Bau mulut adalah masalah umum yang dialami banyak orang dari segala usia. Di sisi lain, bau mulut tidak sedap ternyata juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu. Meski tampak sederhana, tapi bau mulut yang tidak ditangani dapat membuat orang tidak percaya diri. Tidak jarang, kondisi ini mengganggu hubungan personal.

Apalagi kondisi ini ternyata bersifat menetap pada sekitar seperempat orang yang mengalaminya. Bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Merokok, diet, serta konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Saat puasa maka tentu sudah biasa jika aroma mulut tidak terlalu sedap.

Ini normal saja, namun kita bisa melakukan sejumlah tips untuk mengurangi kadar bau tidak enak itu. Pemicu meningkatnya aroma tak sedap saat sedang puasa adalah keringnya rongga mulut. Itu disebabkan produksi air liur (saliva) yang berkurang drastis sebab tidak ada aktifitas mengunyah makanan dan minum.

Saat mulut kering, bakteri anaerob berkembang biak dengan pesat. Apalagi jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik. Alhasil, bakteri tersebut pun menghasilkan aroma belerang yang busuk di dalam mulut. Untuk meminimalkan bau mulut agar menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

Baca Juga: Tips Agar Penderita Maag Bisa Puasa Dengan Nyaman

Caranya tentu pertama menyikat gigi dengan teliti hingga sela-sela gigi. Di siang hari sebelum sholat dhuhur dapat mengulangi membersihkan gigi dan mulut dengan tanpa memakai pasta gigi. Selanjutnya sebaiknya memilih hidangan berbuka dan sahur yang tidak banyak mengandung sulfur. Misalnya yang ada pada jenis makanan tinggi gula, bawang merah dan bawang putih. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply