Tips Agar Cepat Sembuh, Lakukan Ini Saat Flu Menyerang

0
T MauTips.com, Jakarta. Flu dan pilek (cold) adalah dua penyakit yang memiliki konsekuensi yang berbeda tapi gejala yang ditimbulkan nyaris serupa. Meski risiko flu lebih berat dari pilek namun keduanya bisa dicegah keparahannya mulai dari gejala awal. Dibanding pilek, flu dapat menyebabkan komplikasi serius seperti radang paru-paru (pneumonia) hingga kematian.

Maka itu flu harus diobati dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala adalah langkah yang terbaik. Gejala pilek dan flu tersebut dapat berupa rasa gatal dan sakit pada tenggorokan, kepala terasa berat dan sakit, pegal-pegal, dan lain-lain. Setiap orang pasti pernah terkena flu karena penyakit ini tidak mengenal usia dan musim. Walaupun penyakit ini sering dianggap sepele, flu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena sering kali tubuh menjadi lesu dan sakit kepala ikut menyerang. Belum lagi bersin yang terus-terusan dikeluarkan juga bisa mengganggu orang sekitar.

Berikut beberapa saran mengenai hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika flu menyerang agar cepat sembuh.

Pertama, istirahat di rumah agar virus tidak menyebar. Kedua, perbanyak minum air putih karena akan membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Minum air putih juga akan menjaga termoregulasi sehingga membantu menurunkan suhu tubuh. Fungsi air saat flu akan membantu mengatasi gejala flu sehingga akan membantu proses penyembuhan.

Ketiga, konsumsi makanan berkuah seperti sup dan minuman hangat agar sistem pernapasan terbantu terhidrasi dan mucus (ingus) mudah keluar. Sup dan air hangat mengandung banyak cairan dan mineral sehingga mekanismenya sama seperti air. Sup kaya akan nutrisi dari daging ataupun sayuran yang ada di dalamnya sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan.

Sementara jika hidung terasa mampet, atasi dengan menghirup uap dari air panas. Uap panas dapat membantu melonggarkan ikatan mucus (ingus) sehingga menjadi encer dan mudah dikeluarkan. Dokter menyarankan untuk menyisihkan mucus karena merupakan sarang penyakit.

Baca Juga: Mengenal 5 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Dari Berbagai Wilayah

Penanganannya adalah dengan menekan produksi mucus dengan memberikan pengobatan sesuai gejala dan memudahkan pengeluaran mucus dengan meningkatkan asupan cairan dan pemberian obat simptomatik yang sesuai. Misalnya dengan mengonsumsi obat yang bisa meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply