Tips Agar Lebih Nyaman Saat Haid Hindari Makan dan Minuman Ini

0
T MauTips.com, Jakarta. Hampir semua wanita umumnya mengeluhkan masa menjelang dan saat haid sebab akan terjadi beberapa ketidaknyamanan semisal kram perut, linu pada persendian atau pegal, pusing, migrain, mual, dan lemas serta mood yang tidak menentu. Belum lagi munculnya masalah kulit seperti jerawat yang menambah rasa tak nyaman.

Untuk menghindari atau meminimalkan gangguan tersebut, maka ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh kaum hawa saat jelang masa haid. Seorang Praktisi Kesehatan dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, menjelaskan bahwa sebaiknya wanita menghindari makanan dan minuman dingin untuk sementara. Demikian juga makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan, juga kafein. Alasannya adalah, saat haid sedang terjadi kontraksi otot rahim dan perut untuk mengeluarkan cairan menstruasi. Kontraksi tersebut bisa menjadi berlebihan jika produksi bahan kimia atau hormon seperti prostaglandin juga berlebihan.

Nah, untuk mengurangi produksi prostaglandin perlu mengurangi asupan makanan tersebut di atas. Selama berada di masa menstruasi, sebaiknya hindari minum air dingin dan makan makanan dingin yang dapat memperburuk kram menstruasi. Agar aliran darah menjadi lancar, perbanyak minum air hangat, makanan hangat, serta buah dan sayur.

Baca Juga: Alasan Mengapa Sebaiknya Tak Makan Pedas Saat Sedang Haid

Air putih disarankan untuk membuat kadar hormon dalam tubuh lebih encer dan tidak pekat. Setiap wanita memang berbeda sistem kerja tubuhnya termasuk reaksi makanan dingin dan minuman dingin tersebut saat menstruasi. Akan tetapi mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan? Hindari saja agar masa haid jadi nyaman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply