Tips Agar Tidur Malam Tak Terganggu Karena Sering Kebelet Pipis

0
T MauTips.com, Jakarta. Sering kencing di malam hari bukanlah hal serius jika penyebabnya adalah karena terlalu banyak minum sebelum tidur, atau kalau memang sudah lanjut usia. Peningkatan usia ternyata telah dikaitkan dengan kapasitas kandung kemih berkurang, serta kecenderungan otot kandung kemih menjadi terlalu aktif. Terlebih, ketika usia bertambah akan lebih cenderung memiliki masalah kesehatan lain yang membuat perlu buang air kecil di malam hari.

Selain itu, faktor jenis kelamin juga berperan. Pada pria, saat mereka bertambah usia akan mengalami pembesaran prostat. Atau, pada wanita, saat mereka telah mengalami menopause, maka hormon estrogen yang diproduksi juga berkurang. Kedua hal tersebut, pada wanita atau pria akan berakibat pada sering buang air kecil di malam hari. Pakar urologi dari Cleveland Clinic, Daniel Shoskes menyebutkan bahwa ada kemungkinan hal serius yang terjadi pada kesehatan jika sering pipis di malam hari.

Nokturia atau BAK di malam hari terjadi karena dua kemungkinan. Pertama, penyebabnya adalah penumpukan urine di kandung kemih. Pemicunya bisa karena minum terlalu banyak, efek samping obat, atau penyakit gagal jantung serta kerusakan liver. Kedua, karena radang dari infeksi atau pembesaran prostat. Namun terlepas dari sebab-sebab diatas.

Berikut beberapa cara untuk setidaknya mengurangi waktu bangun di malam hari untuk pipis.

Kurangi minum
Mengurangi asupan minum dan cairan lain sejak jelang malam adalah cara pertama agar tidak sering kebelet pipis. Ini membantu kandung kemih agar tidak terlalu penuh.

Tidak konsumsi alkohol dan kafein
Kafein bersifat diuretik atau memicu buang air kecil, sehingga baiknya dikurangi saat jelang malam. Demikian juga minuman yang mengandung alkohol.

Kurangi konsumsi obat
Jika ada obat yang harus diminum maka minumlah di sore harinya. Apalagi jika obat tersebut bersifat diuretik atau memicu pipis.

Baca Juga: Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Tubuh Bugar

Pakai kaos kaki
Jelang tidur, gunakan kaos kaki tebal agar kaki menjadi hangat. Ini juga berfungsi menekan pembuluh darah di kaki sehingga akumulasi cairan tidak menumpuk.

Kurangi garam
Garam menyerap cairan sehingga membuat sering haus. Hasilnya akan sering minum dan pipis. Kurangi asupan garam agar tak sering haus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply