Tips Ampuh Anti Mager dan Lemas Tetap Fit Selama Puasa

0
T MauTips.com, Jakarta. Agar tetap fit saat puasa, kamu perlu memperhatikan aktivitas, makanan dan juga jam biologis. Hanya karena tidak ada asupan makanan sejak Subuh hingga petang, kamu jadi gampang malas-malasan dan malas gerak atau mager. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab saat puasa, tubuh memang rentan terasa lemas dan kurang fit. Meski begitu, kamu tetap bisa mengakali pola hidup dan nutrisi yang masuk agar tubuh bisa tetap fit.

Berikut beberapa tips tetap fit dan produktif saat puasa.

Konsumsi Makanan Nutrisi Lengkap
Karena intensitas makan saat puasa berkurang, yakni yang biasanya 3 kali jadi hanya 2 kali. Maka kamu perlu menggenjot konsumsi dengan makanan yang tinggi nutrisi. Jadi kebutuhan energimu bisa tercukupi dengan baik. Selain bikin kamu tetap bertenaga di siang hari, hal ini juga ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Minum Cukup Air
Asupan air mineral juga penting untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh, kamu akan jadi lebih fit dan terhindar dari gejala sakit kepala atau haus saat siang hari. Pastikan selama puasa, kamu tetap minum sebanyak 2 liter. Buat jadwal dan kebiasaan untuk minum sebanyak 2 liter selama puasa.

Olahraga
Meski sedang puasa, bukan berarti kegiatan olahraga bisa diabaikan begitu saja. Sebab jika tidak berolahraga, maka massa otot akan turun sementara lemak menumpuk karena berkurangnya aktivitas pembakaran kalori. Jadi penting untuk tetap berolahraga selama puasa Ramadan.

Jangan Begadang
Jangan begadang selama puasa Ramadan. Apabila kamu selama ini terbiasa begadang, coba ubah kebiasaanmu di bulan Ramadan. Begadang bisa membuatmu kurang fokus, daya tahan tubuh melemah, asam lambung meningkat, dan berat badan bisa naik.

Baca Juga: Khasiat Kurma Ajwa, Favorit Nabi Muhammad SAW

Tidak Melewatkan Sahur
Sahur adalah salah satu sunnah Nabi SAW di bulan Ramadan. Sebab dalam sahur ada berkah yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, sahur juga merupakan momen penting untuk menyiapkan cadangan makanan agar siang hari tidak lemas dan tetap produktif. Jadi usahakan tidak melewatkan sahur ya. Kamu bisa membuat alarm atau meminta saudara dan keluarga untuk membangunkan agar tetap bisa sahur selama bulan Ramadhan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply