Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat tidak berpuasa, Anda bisa ‘terselamatkan’ dari bau mulut dengan menghisap permen atau minum. Namun, hal ini tentu tidak bisa dilakukan di bulan yang penuh berkah ini. Alhasil, bau mulut berhasil membuat Anda tak percaya diri dan menghindari obrolan dengan orang lain. Tantangan selama berpuasa di bulan suci Ramadan tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga bau mulut. Berbagai cara bisa membantu menghilangkan bau mulut selama berpuasa. Tapi Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi bau mulut.

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Kebersihan akan gigi dan mulut menjadi kunci utama untuk terhindar dari bau mulut. Secara alami, bakteri bersembunyi di dalam mulut sehingga ketika kebersihan mulut diabaikan, maka bakteri akan semakin banyak.

2. Meminum air putih
Kondisi mulut yang kering juga menjadi salah satu faktor munculnya bau mulut. Air liur atau saliva menjadi obat kumur alami untuk membersihkan bakteri dalam mulut. Tak heran jika mulut menjadi bau karena kurangnya produksi air liur saat berpuasa. Sebagai solusinya, berikan asupan cairan, terutama air putih yang cukup, saat sahur dan berbuka puasa.

3. Asupan buah dan sayur
Asupan makanan yang sehat menjadi cara efektif menghilangkan bau mulut selama berpuasa di bulan Ramadhan. Masukkan buah dan sayur dalam menu sahur dan berbuka puasa. Tak sekedar meringankan rasa lapar pada siang hari dan mencukupi kebutuhan nutrisi, asupan buah dan sayur juga bisa membersihkan plak dan sisa makanan. Antioksidan dalam keduanya juga berkontribusi pada kesehatan gigi dan mulut.

4. Tetap konsumsi karbohidrat
Jangan hilangkan karbohidrat dalam menu sahur dan berbuka puasa. Karbohidrat menjadi ‘bensin’ untuk tubuh menghasilkan energi dan terhindar dari rasa lemas saat puasa. Saat tubuh kehilangan karbohidrat, maka keton dalam tubuh akan terlepas dan menimbulkan bau mulut.

Baca Juga: Tips Bahagia Selama di Rumah, Bersyukur dan Berterima Kasih

5. Hindari jenis makan tertentu
Bawang putih dan bawang bombai mentah masuk sebagai contoh jenis makanan yang perlu dihindari karena menjadi penyebab bau mulut. Bau bawang akan tetap bertahan walaupun Anda sudah menggosok gigi berkali-kali. Alangkah baiknya jika Anda menghindari konsumsi bawang saat sahur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply