Tips Atasi Mata Kering bagi yang Sering Pakai Gadget

0
T MauTips.com, Jakarta. Salah satu penyebab mata kering, misalnya menatap layar gawai atau monitor komputer terlalu lama. Saat sedang fokus, frekuensi mata berkedip jadi berkurang sehingga mata. Mata sering merasa lelah atau gatal karena terlalu lama menatap monitor komputer, bisa jadi itu tanda mata kering.

Kondisi ini adalah hilangnya keseimbangan komponen air mata. Gejalanya, air mata tidak stabil, peningkatan kekentalan air mata, hingga kerusakan serta peradangan pada permukaan mata. Mata kering akan terasa seperti ada yang mengganjal, sering merah, berair, terasa kering dan lengket, gatal, dan ada sensasi berpasir. Kerap dialami oleh hampir setiap orang, mata kering terjadi saat air mata tak cukup untuk memberi kelembapan pada mata. Gangguan yang juga dikenal dengan istilah kedokteran keratoconjunctivitis sicca ini biasanya ditandai dengan muncul gejala seperti mata tak berair, merah dan meradang. Seorang yang tengah menderita mata kering biasanya tak nyaman dengan kondisi mata dan juga sensitif terhadap cahaya.

Di Indonesia sendiri tercatat sekitar 2 juta kasus mata kering per tahun. Namun, mata kering dapat ditasi secara alami. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan mata kering. Berikut 4 Tips mengatasi mata kering.

1. Melakukan modifikasi gaya hidup seperti mengurangi paparan AC, membatasi kegiatan dengan atensi visual tinggi, seperti menatap monitor atau gawai dan penggunaan lensa kontak sesuai saran dokter

2. Kompres hangat kelopak mata dan jaga kelopak mata tetap higienis

3. Konsumsi air dalam jumlah cukup, karena kekurangan cairan berpengaruh terhadap produksi air mata

4. Mengaplikasikan tetes mata lubrikan (artificial tears) untuk membantu meringankan gejala mata kering, jika diperlukan. Apabila gejala tidak berkurang, dianjurkan untuk periksa ke dokter spesialis mata agar cepat ditangani. Supaya dokter bisa mendiagnosis dan menangani dengan baik.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Jika tidak segera ditangani, mata kering bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup karena mata cepat lelah. Selain itu, bukan tak mungkin ketergantungan pada obat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply