Tips Biar Nggak Gampang Ngantuk Sehabis Makan Siang

0
T MauTips.com, Jakarta. Rasa ngantuk dan kelelahan menjadi musuh utama di sela kesibukan bekerja. Gampang mengantuk tersebut biasanya merupakan hasil dari kurangnya kualitas dan kecukupan tidur malam. Tapi, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab.

Agar konsentrasi tak rusak gara-gara menahan kantuk, ketahui apa saja penyebab mudah ngantuk dan cara mengusirnya. Minum kopi di pagi hari lazim dilakukan untuk membuat tubuh segar usai bangun tidur sekaligus mengusir kantuk yang tersisa. Sayangnya, tak semua dari kita bisa minum kopi, baik karena alasan kesehatan atau memang tak suka rasanya.

Coba lakukan tips di bawah ini untuk menghindari food coma alias ngantuk dan rasa lemas setelah makan.

Beranjaklah dari meja dan mulai bergerak
Setelah makan, jangan langsung kembali ke meja kerja atau bangku kelas. Sempatkan waktu paling tidak 15 menit untuk aktif bergerak, misal dengan berjalan dan berkeliling kantor. Aktivitas sederhana ini bisa meningkatkan aliran darah, sehingga distribusi nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh bisa lebih lancar.

Perhatikan menu makanan
Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi atau karbohidrat sederhana. Contohnya nasi putih, permen, soft drink, hingga makanan dari tepung terigu seperti roti. Hal ini dilakukan untuk menghindari sugar crash alias kenaikan gula darah, karena makanan dengan karbo sederhana mudah dicerna dan diserap tubuh.

Berhenti makan sebelum kenyang
Saat perut keroncongan di siang hari, kita cenderung kalap dan akhirnya makan berlebihan. Hal ini bisa memicu rasa lelah dan kantuk setelahnya. Sebab, tubuh butuh energi lebih besar saat mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak sekaligus. Sebaliknya, hentikan aktivitas makan sebelum kenyang dan perbanyak minum air putih untuk menekan keinginan makan berlebih.

Sempatkan sarapan
Agar nafsu makan tetap stabil dan tak terlalu lapar di siang hari, sebaiknya makan pagi rutin dilakukan. Inti dari sarapan adalah makan seperlunya. Meski dalam porsi kecil, tetapi punya nutrisi seimbang yang bisa memenuhi kebutuhan energimu.

Baca Juga: Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Program Hamil

Minum air putih yang cukup
Salah satu manfaat terbesar dari minum air putih adalah membantu meningkatkan konsentrasi. Tubuh harus dalam keadaan terhidrasi agar terhindar dari rasa lelah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply