Tips Cara Mudah Mengangkat Debu Saat Mata Kelilipan

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat benda seperti pasir masuk ke mata, maka akan menggores bagian mata tersebut. Luka gores tetap dapat menimbulkan gejala, walaupun mata sudah dinyatakan bersih dari pasir. Luka gores yang ringan umumnya tidak menimbulkan kelainan permanen di mata. Obat yang diberikan untuk goresan (abrasi) di mata umumnya adalah antibiotik untuk mencegah infeksi dan antinyeri dapat berupa tetes mata atau obat minum.

Mata kelilipan sangat mengganggu pandangan. Kadang mata terasa perih akibat dikucek. Partikel yang bisa masuk ke mata umumnya ada debu atau sesuatu yang ukurannya cukup kecil. Kadang bulu mata juga ikut masuk ke area mata. Minimal kelilipan membuat mata tidak nyaman sekalipun tidak mesti sakit. Daripada mengucek mata yang bepotensi bisa membuat keadaannya parah, ada baiknya praktikkan beberapa cara yang lebih aman.

Berikut tips mengeluarkan pemicu mata kelilipan. Menyiramkan air pada mata, gunakan air untuk mengguyur bagian mata yang ada butiran debu pengganggunya. Cukup pakai air secukupnya dan akan ikut luruh keluar bersama air. Mengedipkan mata, dengan lebih sering berkedip mata air mata menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Efek Buruk Sering Main Gadget Anak Bisa Menjadi Pelupa

Air mata akan membawa kotoran yang terjebak segera keluar. Memutar bola mata dari arah atas ke bawah atau kanan ke kiri, ikut membantu mengeluarkan debu. Pakai kapas, ambil debu atau partikel pengganggu lain yang terjebak di dalam kelopak mata memakai kapas. Lakukan secara perlahan agar tidak sampai menyakiti kelopak. Gunakan kain bersih namun basahi dulu sebelum dipakai untuk mengangkat debu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply