Tips Cegah Sakit Kepala Saat Sedang Puasa Ramadan, Begini Caranya!

0
T MauTips.com, Jakarta. Sakit kepala kerap menjadi keluhan sebagian besar orang yang tengah menjalankan ibadah puasa. Keluhan seperti ini tentunya sangat mengganggu aktivitas dan ibadah puasa, terutama bila ia datang saat jam sibuk. Untuk mengantisipasi atau mengobatinya bisa mencoba beberapa tips berikut.

Saat berpuasa, ada baiknya untuk menambah waktu beristirahat. Tidur yang berkualitas juga sangat penting, mengingat televisi dan social media kerap membuat kita terjaga hingga pagi hari. Sangatlah penting untuk mengatur jadwal istirahat dan singkirkan semua hal yang mengganggu kualitas tidur. Usahakan untuk tidur 8 jam setiap hari, maka tubuh akan lebih bugar saat harus beraktivitas sekaligus berpuasa. Gaya hidup, pola makan dan pengelolaan stres yang kurang baik menjadi penyebab utama kenapa sering merasa pusing.

Inilah beberapa penyebab kenapa seseorang sering merasa pusing.

Tekanan Darah Rendah
Padatnya aktivitas membuat tubuh mudah lelah dan tekanan darah menurun dengan drastis. Ditambah, pola makan yang tidak teratur serta asupan nutrisi yang kurang sehat bisa menjadi penyebab menurunnya tekanan darah. Jika tekanan darah sudah rendah, ini sangat berisiko menyebabkan pusing. Pusing biasanya dirasakan ketika berganti posisi dari duduk ke berdiri.

Dehidrasi
Pastikan agar mencukupi kebutuhan air putih seimbang setiap harinya. Kurangnya asupan air putih juga cairan dalam tubuh bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan berakhir pada pusing, kepala berat hingga vertigo. Terlalu padatnya aktivitas dan berada di ruangan terbuka yang panas serta pengap juga meningkatkan risiko pusing.

Terkejut / Syok
Adanya kabar buruk atau lainnya yang membuat kamu terkejut (syok) dipercaya para ahli bisa menyebabkan pusing. Biasanya pusing karena perasaan terkejut ini akan sangat parah saat kamu tiba-tiba terbangun dari tidur karena dikagetkan, mimpi menyeramkan hingga terbangun akibat peristiwa yang menakutkan.

Baca Juga: Tips Cara Memilih Kulkas yang Bagus dan Awet

Agar terhindar dari pusing, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply