Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadan

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat berpuasa mulut seseorang akan kering dalan waktu yang cukup lama, sekitar 13 jam dari sahur hingga berbuka. Permasalahan yang kerap timbul saat berpuasa adalah bau napas yang tidak sedap. Pernahkah bertanya-tanya mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Mulut yang kering akibat tidak makan dan minum, menyebabkan produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun. Alhasil bakteri terus menurus berkembang biak. Bakteri yang berkembang biak tanpa adanya pembilasan dari air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari mulut. Oleh karenanya, untuk menghindari bau mulut saat puasa, disarankan untuk perbanyak minum air putih dan makanan berserat ketika sahur dan berbuka. Serta pastikan menyikat gigi setelahnya. Hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin, serta minum yang tinggi kadar kafeinnya.

Nafas tak sedap sering menghantui ketika yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Hal tersebut tentu membuat tidak percaya diri, dalam menjalani aktivitas. Berikut beberapa tips menghindari bau tak sedap saat berpuasa Ramadan.

1. Menyikat gigi duka kali sekali
Sikat gigi sehabis sahur, sebab bakteri akan senang bila ada sisa makanan di mulut kita, alhasil jadi bau mulut. Setelah taraweh pun jangan lupa untuk sikat gigi. Dan jangan lupa untuk menyikat lidah kita sebab bakteri banyak terdapat di lidah. Kandungan pasta gigi yang mengandung sirih dan garam yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat. Dan jeruk nipis yang dapat membuat mulut tetap segar bisa menjadi pilihan.

2. Berkumur
Berkumur bisa dilakukan ketika berwudhu, tapi jangan sampai terminum.

3. Hindari minuman dan makan penyebab bau mulut
Kurangi minum yang dapat dehidrasi seperti kafein, mengandung gula yang terlalu manis. Serta perbanyakan makan serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Persiapan Mental yang Diperlukan Menjelang Ramadan

4. Kurma
Kurma mengandung serat, kalsium, dan floride yang bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Minimal makan tiga kurma. Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan agar mulut tidak berbau saat berpuasa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply