Tips Jitu Mengatasi Nyeri Haid saat Hari Pertama

0
T MauTips.com, Jakarta. Siklus menstruasi atau datang bulan bagi wanita merupakan hal yang wajar. Butuh kekuatan untuk menghadapi hari-hari ketika datang bulan tiba. Bagi sebagian perempuan, nyeri haid di hari pertama memang terasa cukup mengganggu aktivitas. Maka dari itu, haid hari pertama merupakan fase terberat yang harus dialalui oleh mayoritas perempuan.
Tak sedikit yang mencari cara agar bisa mengatasi rasa sakit ketika haid. Tetapi, tetap ingat ya untuk menggunakan cara yang aman untuk tubuhmu, Ladies. Selain mengkonsumsi obat peredam nyeri, ada cara lain bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri. Artikel selengkapnya disini.

Lebih Banyak Bergerak
Banyak bergerak adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika rasa sakit di hari pertama haid muncul. Semakin Anda diam, maka rasa sakit akan semakin terasa. Banyak bergerak pun bisa melancarkan peredaran darah Anda, lho. Sebaliknya, ketika Anda banyak diam tubuh akan terasa kaku dan tidak nyaman.

Perbanyak Minum Air Putih
Banyak konsumsi air putih bisa meredakan rasa sakit pada perut bawah. Air putih bisa melancarkan peredaran darah sehingga darah kotor tak tersisa di dinding rahim. Selain itu, air putih dapat meredakan kram ketika haid. Mengkonsumsi air putih hangat juga dapat membuat lebih nyaman.

Perhatikan Asuapan Nutrisi dalam Makanan yang Dikonsumsi
Ketika haid, jangan abaikan menu makanan Anda. Asupan makanan bisa mempengaruhi kondisi dan mood Anda. Ketika Anda haid, tubuh mengeluarkan banyak darah, maka Anda bisa memilih makanan-makanan tertentu untuk mencegah anemia. Banyak makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, hati, daun singkong, ubi, kacang-kacangan dan lain-lain.

Kompres dengan Hangat atau Kompres Khusus
Kompres hangat dapat membuat saraf dan otot Anda lebih rileks. Anda bisa pula mengkompres bagian perut bawah Anda dengan air hangat atau pad khusus untuk kompres. Itu mampu mengurangi rasa sakit dan kram.

Cobalah untuk Rileks
Ketika haid, biasanya sulit nyaman dalam posisi tidur yang biasa Anda lakukan. Anda dapat mencoba menungging ketika rasa sakit muncul. Rahim jadi tergantung ke bawah saat Anda menungging. Posisi itu dapat membantu Anda lebih rileks.

Baca Juga: Inilah Manfaat Hebat Kulit Jeruk

Selain beberapa tips di atas, Anda pun perlu untuk berolahraga dan mengatur pola hidup sehat walaupun Anda tidak sedang menstruasi, Ladies. Hal itu dapat mengurangi rasa sakit ketika haid nantinya. Bila rasa sakit saat haid muncul, cara di atas bisa Anda coba agar hari Anda tetap produktif. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply