Tips Kenali Tanda Penyakit Bayi Berbahaya Dan Cara Menanganinya

0
T MauTips.com, Jakarta. Penyakit bayi yang berbahaya akan lebih mudah ditangani jika segera mendapat pertolongan. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting untuk dapat mengenali gejala-gejala awal yang tidak biasa pada bayi. Bayi yang belum bisa bicara dan sering menangis kerap membuat orang tuanya bingung untuk mendeteksi, apakah dia hanya sedang lapar, mengantuk, atau benar-benar sedang sakit. Kenali tanda-tanda penyakit bayi yang serius lebih awal.

Mengenali dan Mengantisipasi Gejala Umum
Agar dapat mengenali gejala-gejala penyakit serius pada bayi lebih awal, maka langkah pertama adalah tidak panik dalam mengamati gerak-gerik bayi Anda. Cermati perubahan-perubahan umum di bawah ini dengan saksama. Tangisannya terdengar tidak biasa dan terjadi terus menerus. Bisa kencang dengan nada yang sangat tinggi atau sebaliknya yang terdengar adalah tangisan lemah. Beberapa bayi baru lahir dengan kondisi tertentu lebih berisiko mengalami penyakit serius dibanding yang lain.

Jenis-jenis Penyakit Bayi dan Cara Penanganan
Terdapat beberapa jenis penyakit serius yang berisiko terjadi pada bayi. Ikuti firasat Anda dan kenali penyakit berikut gejala-gejala berikut ini yang dapat membahayakan bayi, serta cara menanganinya.

Diare adalah kondisi saat bayi buang air dalam bentuk cair dan terlalu sering akibat infeksi virus, bakteri, atau alergi. Jika tidak segera ditangani, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang membahayakan nyawa bayi.

Respiratory syncytial virus (RSV) adalah virus penyebab infeksi saluran pernapasan yang sering menyerang bayi di bawah satu tahun. Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada bayi prematur.
Otitis media adalah infeksi telinga yang terjadi ketika kuman berkembang dalam tumpukan cairan pada telinga bagian tengah.

Diabetes pada bayi dapat terjadi ketika ibu memiliki kadar gula tinggi saat hamil.
Retinoblastoma adalah tumor bersifat ganas pada retina yang dapat terjadi sejak dalam kandungan, pada saat bayi baru lahir, hingga balita. Penyakit bayi ini paling sering terjadi pada usia 12–18 bulan.

Baca Juga: Kenali Penyebab Musim Hujan Bikin Tubuh Mudah Jatuh Sakit

Meningitis adalah peradangan akibat infeksi virus maupun bakteri pada membran antara selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang.

Tetap tenang adalah kunci utama untuk menangani penyakit bayi yang serius. Untuk berjaga-jaga, selalu tempatkan nomor-nomor telepon dokter anak, rumah sakit terdekat, dan ambulans di tempat yang mudah ditemukan di rumah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply