Tips Mandi Tanpa Merusak Kulit

0
T MauTips.com, Jakarta. Mandi air dingin memberi efek berupa rasa segar, gairah, dan semangat. Suhu dingin mengerutkan pembuluh darah di kulit sehingga aliran darah dialihkan ke jaringan-jaringan internal dan organ-organ tubuh lainnya untuk mempertahankan suhu dasar tubuh. Suhu ideal air sekitar 15 derajat Celsius.

Mandi dengan suhu air daerah pegunungan (sekitar 20 derajat Celsius) selama dua sampai tiga menit setiap hari disarankan, terutama untuk mereka yang sedang mengalami depresi. Salah satu tujuan mandi adalah menjaga kebersihan dan kecantikan permukaan kulit. Tujuan ini tidak akan tercapai bila cara mandi yang diterapkan keliru. Agar pelembap alami kulit tetap terjaga, mandi sebaiknya dilakukan dalam waktu singkat. Selain itu, metode mandi dengan cara mengguyurkan air ataupun showering lebih dianjurkan dibandingkan berendam di dalam bak mandi. Pemilihan suhu air saat mandi juga memegang peranan penting dalam menjaga dan merawat kondisi kulit.

Suhu air yang terlalu panas dapat memberi efek mengeringkan kulit. Bila menginginkan air yang ‘panas’ saat mandi, gunakan air dengan suhu yang hangat atau suam-suam kuku. Saat mengaplikasikan sabun ke bagian tubuh, flannel ataupun spons mandi boleh digunakan. Akan tetapi, cara terbaik untuk mengaplikasikan sabun adalah dengan menggunakan jari-jemari langsung.

Akan lebih baik bila sabun yang digunakan untuk mandi bebas busa dan bebas pewangi. Sabun seperti ini akan meminimalisasi kemungkinan perubahan derajat keasaman kulit ketika mandi. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk. Hindari menggosok area kulit dengan handuk karena dapat merusak lapisan permukaan kulit.

Setelah mandi, tubuh bisa dikeringkan dengan cara menepuk-nepukkan handuk ke permukaan kulit. Kita sering tidak menyadari dan tidak menghargai peran, keistimewaan, keunggulan, manfaat, dan khasiat air untuk kehidupan. Karena ketergantungan kita terhadap air tidak sebatas hanya untuk pengusir rasa haus belaka. Salah satunya adalah untuk mandi.

Sentuhan air yang bersih terhadap tubuh kita akan membuat badan terasa segar dan bugar kembali. Dengan mandi akan membuat tubuh tetap terjaga kebersihannya dan bebas dari berbagai kuman. Selain itu, mandi yang teratur akan berguna membuat tubuh menjadi segar dan semangat dalam menjalani rutinitas kegiatan.

Baca Juga: Manfaat Lain Minuman Cola, Selain Segar dan Enak Diminum

Pada umumnya, kebanyakan orang mandi dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Mandi dua kali sehari dan cuci rambut paling telat tiga hari sekali sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan dan kebugaran. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply