Tips Memulihkan Mata Anak Lelah Lihat Layar Gadget

0
T MauTips.com, Jakarta. Selama masa pandemi, anak diharuskan melihat layar gadget lebih dari 2 jam. Padahal menurut dokter spesialis mata, sebelum pandemi anak sudah disarankan melihat gadget minimal 2 jam selama seminggu. Sekolah online mau tidak mau membuat anak harus bergantung pada gadget untuk belajar.

Kebiasaan baru ini sayangnya bisa menyebabkan mata Si Kecil mudah lelah, berair, hingga kering. Kalau dulu sebelum pandemi, ada anjuran kita melakukan screentime gadget dalam 2 jam seminggu sudah cukup atau yang disarankan. Sekarang di masa pandemi, anak enggak lepas gadget, jadi disarankan anak harus sering mengistirahatkan mata. Penggunaan layar gadget yang terlalu sering memang bisa menyebabkan mata minus pada anak. Tak heran bila kita sering menemukan anak kecil menggunakan kacamata saat sekolah online. Pada anak yang sudah menggunakan kacamata sejak kecil, tetap perlu menjaga kesehatan matanya. Meski laju kerusakan mata anak tidak bisa dihambat bila disebabkan faktor keturunan. Tidak ada yang bisa menahan laju selain perubahan lifestyle mata, apalagi kalau penyebabnya faktor keturunan.

Anak yang menggunakan kacamata atau tidak sama sekali, tetap harus mengistirahatkan mata ketika terlalu lama melihat layar gadget. Hal ini sangat disarankan untuk mencegah mata lelah, kering, dan berair, ketika belajar. Meski tidak ada batasan melihat layar gadget bagi anak-anak usia sekolah, tetap perlu memerhatikan waktu istirahat ini. Lalu apa yang harus dilakukan untuk memulihkan mata anak yang lelah karena terlalu sering melihat gadget? Menjaga kesehatan mata anak itu penting.

Terutama pada anak yang sudah mulai sekolah online di rumah menggunakan gadget. Di sela belajar perlu memberikan jeda untuk mata anak. Tujuannya, agar mata tidak lelah, berair, atau menjadi kering karena terlalu sering menatap layar gadget. Disarankan untuk melakukan rule 20:20:20 di sela waktu belajar online. Tips memulihkan mata lelah ini bisa dilakukan setiap 20 menit. Tujuannya untuk membuat otot mata rileks, sehingga tidak mudah lelah.

Baca Juga: Keuntungan Masak yang Sedang Jadi Hobi

Nah, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Setiap 20 menit, anak harus melakukan istirahat mata dengan tidak melihat layar gadget. Bunda bisa setting alarm agar waktu tidak terlewat.

2. Di waktu istirahat, minta anak untuk memandang jauh dengan jarak pandang sekitar 20 meter.

3. Lakukan aktivitas ini selama kurang lebih 20 detik. Cara ini dikatakan dapat mengurangi kerja otot mata, sehingga pada akhirnya bisa mengurangi kelelahan mata dan membuat mata tidak terlalu kering. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply