Tips Mencegah Kecemasan Terus Berlanjut

0
T MauTips.com, Jakarta. Banyak orang cemas dengan efek virus penyebab pandemi ini terhadap kesehatan fisik, namun lupa bahwa kecemasan itu sendiri dapat memperburuk kesehatan. Sedemikian agresifnya penyebaran virus ini hingga pada akhir Februari, Badan Kesehatan Dunia(WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Disusul pemerintah Indonesia yang menetapkan status bencana nasional.

Covid-19 merupakan sesuatu yang baru dan masih perlu banyak dipelajari. Adanya ketidakpastian tentang virus ini membuat kebanyakan orang merasa cemas dan hal ini wajar, namun apakah baik? Pikiran yang positif di masa pandemi ini akan membuat kita lebih mampu beradaptasi dengan perkembangan situasi. Timbulnya pikiran negatif juga dipengaruhi oleh gempuran informasi di sekitar, oleh karenanya penting bagi otak untuk menerima hanya informasi yang benar dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Informasi yang cukup dapat membantu mengambil langkah terbaik dalam melawan Covid-19, namun terlalu banyak informasi justru sebaliknya. Akan sangat membantu jika kita dapat memilih informasi yang kredibel dari ahli atau membaca literatur yang valid kebenarannya. Hal lain yang dapat dilakukan adalah mempelajari cara relaksasi dan menjaga diri tetap aktif walaupun harus terisolasi di rumah.

Relaksasi dapat dicapai dengan latihan spesifik seperti yoga atau dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti misalnya membaca novel, memasak, atau menonton film. Aktivitas fisik rutin di rumah juga diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu pastikan kita tidak sendiri menghadapi kondisi ini. Kesendirian dapat membuat seseorang lebih mudah atau lebih banyak menghabiskan waktu memikirkan tentang situasi saat ini sehingga memperberat kecemasan. Penting untuk tetap terhubung dengan orang lain dan keluarga yang dapat memberikan dukungan positif saat merasakan kecemasan.

Langkah terakhir untuk mengurangi kecemasan adalah menjaga konsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Konsumsi makanan yang sehat dapat membantu perasaan lebih baik. Saat stres, kita cenderung makan banyak tanpa mempertimbangkan makanan tersebut sehat atau tidak. Sebaiknya pilihlah makanan yang sehat seperti sayuran dan buah serta konsumsi banyak air putih.

Baca Juga: Tips Kelola Stres Saat Hadapi Wabah Corona

Menjaga kualitas tidur yang baik juga dapat membantu mengurangi stres. Melakukan sleep hygiene sebelum tidur seperti membuat kamar tidur senyaman mungkin, mengurangi cahaya lampu, tidak membaca, menonton televisi di tempat tidur, serta tidak menggunakan ponsel sebelum tidur dapat membuat tidur lebih berkualitas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply