Tips Mencegah Sakit Saat Musim Hujan

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini musim hujan tiba, umumnya orang akan menjadi lebih mudah sakit akibat sering kedinginan dan tidak mendapat cukup sinar matahari. Alhasil sistem imunitas tubuhnya menurun dan virus atau bakteri akan membuat jatuh sakit. Influenza merupakan satu jenis penyakit yang kerap dikeluhkan, sebab pemicunya adalah virus yang mudah sekali menyebar. Namun tidak hanya itu, ada beberapa jenis penyakit berbahaya lain yang rentan terjadi di musim hujan. Flu, batuk, pilek, demam, masuk angin, dan diare adalah penyakit langganan di saat musim hujan. Jangan sampai aktivitas dan pekerjaan Anda terganggu.

Inilah beberapa tips agar Anda tetap sehat di tengah musim hujan.

Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan
Sediakan payung sebelum hujan, ini adalah perlindungan yang harus Anda persiapkan. Air hujan tidak selalu bersih dan mengandung partikel-partikel polusi. Segera mandi dan keramas jika Anda kehujanan, jangan ditunda.

Selalu Cuci Tangan dan Sikat Gigi
Biasakan mencuci tangan jika Anda baru sampai ke rumah, sebelum makan dan sesudah memakai toilet. Hal ini harus tetap dilakukan saat musim hujan.

Minum Air
Musim hujan, udara lebih dingin, banyak orang malas minum. Kebiasaan ini akan membuat Anda mudah mengalami dehidrasi. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh.

Sediakan Minuman Hangat
Tubuh yang sering kedinginan membuat daya tahan menurun. Karena itu, sediakan beberapa bahan untuk membuat minuman hangat. Minuman tersebut membantu menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Baca Juga: 4 Klub Italia Bersaing, Siapakah yang Juara Serie A?

Jaga Asupan Makanan Sehat
Tetap jaga asupan makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya Anda sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya saja sup kuah, soto ayam atau sayuran dengan kuah hangat. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Semoga tips yang kami bagikan dapat membuat Anda selalu sehat di musim hujan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply