Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Minum Teh

0
T MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini minum teh telah menjadi salah satu bentuk kebiasaan yang ada di dalam masyarakat. Dengan minum teh badan akan terasa lebih segar. Selain itu, teh juga dapat mengurangi stress. Namun manfaat teh tidak hanya sebatas itu, teh juga bermanfaat untuk melindungi gigi karena mempunyai efek anti-cariogenic yang dapat menekan pembentukan karies.

Karies atau yang lebih dikenal sebagai gigi berlubang merupakan masalah dalam kesehatan gigi yang sangat sering ditemui di masyarakat. Faktor utama penyebab karies adalah bakteri Streptococcus mutans dan Streptococcus sobrinus. Teh hitam dan teh hijau mengandung berbagai komponen senyawa yang dapat menghambat pembentukan karies. Teh juga mengandung flouride yang tinggi.

Flouride membuat gigi lebih tahan demineralisasi oleh asam dan mengaktifkan remineralisasi pada permukaan gigi sehingga tidak mudah terjadi karies. Masalah bau mulut juga dapat diatasi dengan rajin minum teh. Hal ini disebabkan karena kebersihan mulut menjadi lebih baik dan terjadi penghambatan aktivitas bakteri. Salah satu untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan rutin meminum teh setiap hari.

Baca Juga: Jangan Makan Junk Food Jika Mau Jaga Penampilan

Di dalam teh terdapat unsur Flour (F) dan Kalsium (Ca) yang cukup tinggi, yang dapat membatu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta dapat memperkuat gigi. Bahkan berkumur dengan teh hijau setelah makan merupakan cara efektif untuk mencegah gigi keropos. Selain teh hijau, teh hitam tanpa gula alias pahit punya khasiat untuk kesehatan gigi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply