Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar Selama Ramadan

0
T MauTips.com, Jakarta. Masih ingin tetap bisa berwisata dengan nyaman selama Ramadan, salah satu triknya dengan memilih destinasi wisata yang berhawa sejuk. Bulan Ramadan memang identik dengan lapar dan dahaga.

Namun bagi orang yang menyukai petualangan, bulan puasa bukan halangan untuk melakukan perjalanan wisata. Menghindari paparan matahari saat tengah berpuasa, khususnya di siang hari, adalah cara yang cerdas agar tubuh tidak lekas lelah. Berikut tips menjaga tubuh agar tetap bugar selama Ramadan.

Berjalan kaki
Tak bisa dipungkiri, olahraga terbaik selama bulan Ramadan adalah jalan kaki. Sempatkan lakukan peregangan selama 5-10 menit setiap pagi di kamar hotel. Regangkan tangan, kaki, leher, bahu, dan punggung supaya badan lebih segar. Bisa juga melakukan push up, sit up, jumping jacks, dan beberapa pose yoga. Manfaatkan juga fasilitas olahraga yang disediakan hotel. Jika punya kesempatan mengunjungi dataran tinggi, maka usahakan untuk berjalan kaki. Karena sembari berkelana tanpa merasa kepanasan, Anda bisa tetap prima di bulan Ramadan.

Perhatikan asupan konsumsi sahur
Sebelum memulai puasa, pastikan tubuh telah diisi oleh asupan yang sempurna. Sayur mayur adalah aspek penting agar tubuh tetap prima. Selain itu, jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi, karena itu akan membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Makanan asin dan mengandung minyak berlebih, juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur.

Berbuka dengan perlahan
Setelah berkelana saat bulan Ramadan, bukan berarti kita harus membalas dendam saat waktu buka puasa tiba. Berbuka puasalah dengan perlahan, biarkan tubuh beradaptasi dengan porsi makan yang kecil.

Baca Juga: Inilah Manfaat Menakjubkan Berpuasa bagi Kesehatan

Bawa camilan yang cukup
Agar tidak kelaparan mencari makanan berbuka puasa saat berada di tempat wisata, sediakan camilan yang mudah dibawa, seperti buah, roti atau makanan siap seduh.

Jarang ada tempat makan yang membuka pemesanan meja saat Ramadan, karena mereka tidak ingin pengunjung yang sudah duluan datang menunggu lama. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply