Tips Mudah Kenali Benjolan Tumor Jinak dan Kanker Pada Anak

0
T MauTips.com, Jakarta. pada tubuh anak belum tentu gejala kanker. Kita perlu tahu benjolan yang nggak berbahaya dan berbahaya dari bentuk fisiknya terlebih dulu. Terkadang orang tua nggak selalu aware dengan benjolan yang ada di tubuh anak.

Begitu tahu ada benjolan di tubuh anak, paniknya bukan main karena pasti terbesit kanker dalam pikiran. Memang panik adalah hal yang wajar, namun jangan berlebihan. Sebagai orang tua cerdas, kita perlu tahu cara mudah mengenal benjolan pada tubuh anak, apakah itu tumor jinak atau ganas. Cystic atau kista itu tumor yang jinak dan nggak menyebar. Posisinya di situ-situ saja. Cystic bisa berisi cairan atau darah. Kalau orang tua ingin tahu apakah benjolan tersebut berbahaya, segera observasi dengan dokter.

Namun, jika kondisinya mendesak karena amat khawatir, anak bisa menjalani prosedur biopsi. Setelah dilakukan biopsi, benjolan tadi akan diobservasi lebih detail di laboratorium.

Jika ada benjolan di leher, ketahui dulu apakah benjolan tersebut sakit jika diraba atau nggak. Kemudian, apakah benjolan tersebut membesar atau nggak. Nah, kalau benjolan di telinga itu pastikan dulu apakah memang benar-benar benjolan atau tulang mastoid.

Selain itu, juga perlu tahu kanker pada anak itu banyak jenisnya. Kanker pada anak dibagi menjadi dua kelompok besar yakni cair dan padat. Kelompok cair itu leukemia atau kanker darah. Kalau jenis yang padat berkaitan dengan semua organ di dalam tubuh.

Baca Juga: Sibuk Kerja Bisa Sebabkan Kesepian Berujung Depresi Parah

Segera konfirmasi ke dokter jika ada gejala yang tadi disebutkan. Syukur kalau itu bukan kanker, tapi bersyukur juga kalau itu kanker karena dapat ditemukan lebih awal jadi peluang untuk sembuhnya besar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply